Pelayanan SIM Keliling Res Metro Depok

Maret 2011 berarti berakhirnya tanda-tanda pengenal saya, SIM A, C, dan KTP. Berbeda dengan 5 tahun lalu, saat ini sudah tersedia pelayanan SIM keliling di Kota Depok. Jadi ada tambahan pilihan mau memperpanjang di Res Metro Depok atau di mobil keliling yang setiap hari berada di lokasi berbeda.

Hari ini juga pertama kalinya saya mencoba memperpanjang di pelayanan keliling ini. Saya sampai di lokasi pelayanan SIM keliling sekitar pukul 9 pagi dan sudah telihat banyak warga yang sedang melakukan proses perpanjangan SIM. Berarti harus datang lebih pagi lagi.

Awalnya sempat bingung karena harus ngapain dulu, karena seperti halnya di kebanyakan pelayanan publik di pemerintah tidak ada petunjuk atau semacamnya. Jadi mau tidak mau harus bertanya ke petugas atau warga yang ada di lokasi tersebut. Setelah saya perhatikan (karena menunggu cukup lama akibat banyaknya warga yang mengurus perpanjangan SIM), tidak hanya saya saja yang bingung tahapan apa dulu yang harus dilakukan. Akhirnya tiap beberapa menit ada saja yang bertanya ke petugas setempat. Alangkah bagusnya kalau saja petugas pelayanan SIM keliling membuat x-banner atau semacamnya yang memberikan gambaran mengenai tahapan-tahapan perpanjangan SIM.

Jadi bagaimana tahapan-tahapannya? Pertama serahkan ke petugas berwenang SIM asli dan 2 lembar fotocopy KTP ditaruh di meja (coba lihat saja tumpukan fotocopy dan SIM ada di mana atau lihat angka 1 pada gambar di bawah). Kemudian tunggu nama kita dipanggil untuk mendapatkan formulir. Setelah mendapatkan formulir, isi formulir tersebut dan taruh ke dalam box yang ada di depan meja petugas berwenang (lihat angka 2 pada gambar di bawah). Petugas akan mengisi data-data warga yang memperpanjang SIM di bukunya dan kemudian membawa masuk ke dalam mobil keliling. Proses ini yang agak memakan waktu. Nama kita akan dipanggil untuk selanjutnya masuk ke dalam mobil SIM keliling.

Proses selanjutnya yang dilakukan di dalam mobil tersebut adalah duduk dan tunggu dipanggil namanya. Setelah dipanggil, kita akan diminta tanda tangan, kemudian petugas menanyakan kembali untuk verifikasi apakah datanya sudah benar. Apabila sudah benar, jempol kiri dan kanan (bergantian) ditempelkan ke scanner untuk mendapatkan sidik jari dan kemudian difoto. Tunggu beberapa saat karena SIM dalam proses pencetakan. Setelah SIM jadi, petugas memberitahukan biayanya dan selesai lah sudah proses perpanjangan SIM di Pelayanan SIM Keliling Res Metro Depok.

Total biaya yang dikenakan untuk memperpanjang SIM (A & C) pada saat saya memperpanjang di pelayanan keliling pada hari ini sebesar Rp250.000,- Sepertinya masing-masing SIM biayanya Rp125.000,- karena tadi juga ada teman yang perpanjang SIM C saja.

What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Tinggalkan Balasan