M-Tix, Layanan Pemesanan Tiket 21 Cineplex

M-Tix merupakan layanan pembelian tiket bioskop 21 dan XXI melalui SMS, call center, atau online. Dengan menggunakan layanan ini, pemesanan tiket dapat dilakukan di mana saja sebelum bioskop buka, sehingga dapat terhindar dari resiko kehabisan tiket. Mungkin dapat dikatakan mirip BlitzCard, walaupun BlitzCard jauh lebih banyak manfaatnya, tidak sekedar pemesanan tiket saja 🙂

Bagaimana Cara Registrasi M-Tix?

Registrasi dapat dilakukan di bioskop-bioskop 21 atau XXI yang sudah melayani M-Tix. Daftar bioskop dapat dilihat di halaman FAQ. Pada saat melakukan registrasi, petugas akan menerangkan informasi mengenai M-Tix dan menyodorkan formulir untuk diisi oleh kita. Setelah formulir selesai diisi, kita akan disuruh mengisi formulir lagi, kali ini formulir online. Kemudian akan ada SMS yang masuk ke ponsel kita yang berisi tata cara pendaftaran M-Tix melalui SMS. Ikuti petunjuk tersebut, pastikan SMS dikirim ke nomor 2121.

Entah kenapa (menurut saya) cukup banyak proses yang perlu dilakukan untuk registrasi, dua formulir dan satu melalui SMS. Kalau membutuhkan tanda tangan, sebenarnya bisa mencetak dari formulir online kemudian ditanda tangan, sehingga tidak dua kali mengisi formulir. Mudah-mudahan saja proses registrasi bisa diperpendek ke depannya.

Untuk proses registrasi ini, siapkan uang sebesar Rp150.000,- yang sekaligus menjadi saldo awal M-Tix. Selanjutnya dapat diisi ulang dengan nilai denominasi kelipatan Rp100.000,-

Salah satu alasan saya belum tertarik menggunakan M-Tix adalah karena susahnya melakukan pengisian saldo. Berdasarkan informasi di situsnya, terdapat tiga cara pengisian ulang saldo, yaitu datang langsung ke counter M-Tix, SMS reload, dan auto reload. Untuk dua opsi terakhir, hanya ditujukan bagi pemilik kartu kredit. Ini berarti tanpa kartu kredit, wajib mendatangi lokasi M-Tix. Itu kenapa saya katakan susah. Berbeda dengan BlitzCard yang dapat diisi melalui Internet Banking. Namun, informasi terbaru yang saya dapatkan dari petugas M-Tix, ada satu cara lagi pengisian saldo, yaitu melalui jaringan ATM Bersama.

Update: Registrasi M-Tix sudah dapat dilakukan via website 21 Cineplex atau aplikasi Cinema 21. Saldo M-Tix juga sudah dapat diisi ulang melalui beberapa metode pembayaran: BCA, Mandiri, Tokopedia, Bank BRI, DBS, Jenius, Credit Card, Indomaret, dan BCA KlikPay. Khusus melalui Tokopedia, saldo M-Tix dapat diisi ulang dengan nilai denominasi kelipatan Rp50.000,-

Top-Up Saldo M-Tix melalui Tokopedia

Jam Pemesanan Tiket via M-Tix

Setelah status M-Tix aktif, berarti pemesanan tiket bioskop 21 atau XXI sudah dapat dilakukan. Pemesanan dapat dilakukan melalui SMS, call center, atau website 21 Cineplex. Khusus melalui website, kita dapat memilih kursi. Perlu diingat, pemesanan tiket hanya dapat dilakukan di waktu-waktu tertentu. Untuk tayang Selasa-Jumat dapat dipesan pada hari yang sama sampai pukul 11.00 WIB. Kalau tidak salah, informasi yang tertera di formulir registrasi, pemesanan dapat dilakukan mulai pukul 06.30 WIB. Berbeda dengan yang dikatakan petugas M-Tix mulai pukul 07.00 WIB. Khusus untuk tayang Sabtu-Senin hari Minggu sudah dapat dipesan mulai hari Sabtu.

M-Tix saya pergunakan pertama kali pada Kamis 17 Mei 2012. Saat itu saya memesan tiket IMAX 3D melalui website 21 Cineplex karena khawatir akan kehabisan tiket kalau langsung beli di lokasi, apalagi di hari libur dan masih banyak yang ingin menonton di IMAX. Kekhawatiran saya ternyata terbukti, antrian sudah “mengular” sampai pintu masuk XXI Gandaria City pada saat saya sampai di lokasi sekitar pukul 11.00 WIB (seperti yang terlihat pada gambar).

Kesan pertama, respon cukup lambat pada saat memilih kursi. Butuh beberapa detik warna kursi berubah setelah diklik.

M-Tix Seating Layout IMAX 21 Cineplex Gandaria City

Semoga saja sistem pemesanan tiket ini semakin bagus dan tersedia di seluruh bioskop 21 dan XXI. Bagi movie lovers yang tinggal di Depok, kabarnya layanan pemesanan tiket ini akan beroperasi di Margo Platinum 🙂

LIHAT JUGA: Cara Pakai MTix Untuk Pesan Tiket XXI

What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

8 pemikiran pada “M-Tix, Layanan Pemesanan Tiket 21 Cineplex”

  1. bener.. agak repot isi saldonya.. kalo gak punya CC, harus antre lagi..
    ketika memilih kursi juga agak lama perubahan warnanya. kadang sampai kesel..

    untuk isi ulang, baru tersedia dr atm BII, tp bisa di akali bagi yg tak punya atm BII, dg transfer dr ATM bank lain ke rekening mtix.. caranya dari atm non BII, melakukan transfer ke BII trus masukin nomer tujuan dengan nomor 7821 + nomer telpon MTIX
    misal, nomer hp yang kupake buat MTIX: 08564720000 –> masukin 782108564720000 minimal 50ribu buat reload. setrelah itu akan ada sms notifikasi isi ulang MTIX sukses. Biayanya kalo dari atm bank lain 10ribu. 5ribu untuk transaksi MTIX, 5ribu untuk transfer antar bank nya.

    Balas
  2. Haloo.. Salam kenal..

    Saya sedang melakukan penelitian mengenai M-Tix (sistem online ticketing pada Cinema 21) untuk tugas akhir kuliah magister saya..

    Apabila saudara/i berada di area Jakarta & Tangerang, dan merupakan pengguna M-Tix, saya memohon kesediaan waktunya untuk mengisi survey pada link berikut (link dapat diakses melalui HP atau perangkat smartphone & tablet lain yang dilengkapi internet) :

    https://docs.google.com/forms/d/1tzuWUULdNFRO7IxsBeO1RqNoOdhu9N-_FM-6yaC8qwg/viewform

    Terima kasih banyak atas kesediaan waktunya..

    Have a nice day ^^

    Balas

Tinggalkan Balasan