M-Tix, Layanan Pemesanan Tiket 21 Cineplex

M-Tix merupakan layanan pembelian tiket bioskop 21 dan XXI melalui SMS, call center, atau online. Dengan menggunakan layanan ini, pemesanan tiket dapat dilakukan di mana saja sebelum bioskop buka, sehingga dapat terhindar dari resiko kehabisan tiket. Mungkin dapat dikatakan mirip BlitzCard, walaupun BlitzCard jauh lebih banyak manfaatnya, tidak sekedar pemesanan tiket saja 🙂

Bagaimana cara registrasi M-Tix?

Registrasi dapat dilakukan di bioskop-bioskop 21 atau XXI yang sudah melayani M-Tix. Daftar bioskop dapat dilihat di halaman FAQ M-Tix. Pada saat melakukan registrasi, petugas akan menerangkan informasi mengenai M-Tix dan menyodorkan formulir untuk diisi oleh kita. Setelah formulir selesai diisi, kita akan disuruh mengisi formulir lagi, kali ini formulir online. Kemudian akan ada SMS yang masuk ke ponsel kita yang berisi tata cara pendaftaran M-Tix melalui SMS. Ikuti petunjuk tersebut, pastikan SMS dikirim ke nomor 2121.

Entah kenapa (menurut saya) cukup banyak proses yang perlu dilakukan untuk registrasi, dua formulir dan satu melalui SMS. Kalau membutuhkan tanda tangan, sebenarnya bisa mencetak dari formulir online kemudian ditanda tangan, sehingga tidak dua kali mengisi formulir. Mudah-mudahan saja proses registrasi bisa diperpendek ke depannya.

Untuk proses registrasi ini, siapkan uang sebesar Rp150.000,- yang sekaligus menjadi saldo awal M-Tix. Selanjutnya M-Tix dapat diisi ulang dengan nilai denominasi kelipatan Rp100.000,-

Salah satu alasan saya belum tertarik menggunakan M-Tix adalah karena susahnya melakukan pengisian saldo. Berdasarkan informasi di situs M-Tix, terdapat tiga cara pengisian ulang saldo M-Tix, yaitu datang langsung ke counter M-Tix, SMS reload, dan auto reload. Untuk dua opsi terakhir, hanya ditujukan bagi pemilik kartu kredit. Ini berarti tanpa kartu kredit, wajib mendatangi lokasi M-Tix. Itu kenapa saya katakan susah. Berbeda dengan BlitzCard yang dapat diisi melalui Internet Banking. Namun, informasi terbaru yang saya dapatkan dari petugas M-Tix, ada satu cara lagi pengisian saldo M-Tix, yaitu melalui jaringan ATM Bersama.

Setelah status M-Tix aktif, berarti pemesanan tiket bioskop 21 atau XXI sudah dapat dilakukan. Pemesanan dapat dilakukan melalui SMS, call center, atau website M-Tix. Khusus melalui website, kita dapat memilih kursi. Perlu diingat, pemesanan tiket hanya dapat dilakukan di waktu-waktu tertentu. Untuk tayang Selasa-Jumat dapat dipesan pada hari yang sama sampai pukul 11.00 WIB. Kalau tidak salah, informasi yang tertera di formulir registrasi, pemesanan dapat dilakukan mulai pukul 06.30 WIB. Berbeda dengan yang dikatakan petugas M-Tix mulai pukul 07.00 WIB. Untuk tayang Sabtu-Senin sudah dapat dipesan dari hari Jumat.

M-Tix saya pergunakan pertama kali pada Kamis 17 Mei 2012. Saat itu saya memesan tiket IMAX 3D melalui website M-Tix karena khawatir akan kehabisan tiket kalau langsung beli di lokasi, apalagi di hari libur dan masih banyak yang ingin menonton di IMAX. Kekhawatiran saya ternyata terbukti, antrian sudah “mengular” sampai pintu masuk XXI Gandaria City pada saat saya sampai di lokasi sekitar pukul 11.00 WIB (seperti yang terlihat pada gambar).

Kesan pertama, respon cukup lambat pada saat memilih kursi. Butuh beberapa detik warna kursi berubah setelah diklik.

Semoga saja sistem M-Tix semakin bagus dan tersedia di seluruh bioskop 21 dan XXI. Bagi pengguna M-Tix yang tinggal di Depok, kabarnya M-Tix akan beroperasi di Margo Platinum 🙂