Launching Batik Khas Depok

Batik Khas Depok? Pertanyaan pertama yang timbul dibenak pikiran saya apakah Depok memang punya warisan Batik? Ataukah Batik Depok itu baru saja dibuat?

Semenjak saya mengetahui akan ada acara peluncuran Batik Depok dalam rangka Ulang Tahun Kota Depok yang ke-10 ini, saya mencoba mencari tahu informasi tentang Batik Depok ini. Saya mendapatkan informasi kalau ternyata beberapa tahun lalu, tepatnya pada pertengahan 2007, Dewan Kerajian Nasional / DEKRANASDA Kota Depok memprakarsai Lomba Desain Batik Khas Depok. Hanya masyarakat yang memiliki KTP Depok saja yang boleh mengikuti lomba ini. Selain itu, desain batiknya harus mengandung nilai budaya dan ciri khas Kota Depok, seperti: bangunan bersejarah, unggulan Kota Depok (belimbing, ikan hias), atau kesenian khas Depok (Gong Si Bolong, Topeng Cisalak).

Dari 223 peserta yang mengikuti lomba ini, terpilihlah 10 Motif Batik Khas Depok. Semua desain ini sudah mendapatkan Hak Cipta di DJKI Kemenkumham. Pemenang-pemenang lomba ini kalau tidak salah diumumkan pada perayaan Hari Kemerdekaan RI tahun 2007.

Prosesi Launching Batik Khas Depok

Kurang lebih dua tahun kemudian, 19 Juni 2009 pukul 16:00 WIB, acara Launching Batik Depok terlaksana di Balaikota Depok. Acara ini dibuka oleh sambutan dari Ketua Lomba Design Batik, DEKRANASDA, dan Walikota Depok. Prosesi Peluncuran Batik Depok dilakukan oleh Walikota Depok dengan cara menekan tombol sirine dan pemotongan tali balon yang akan terbang membawa banner Batik Khas Depok beserta sejumlah uang di dalam amplop yang menempel di banner tersebut. Siapa ya yang kira-kira beruntung mendapatkannya?

 

Acara ini tidak hanya diisi dengan sambutan dan prosesi peluncuran saja, tetapi dimeriahkan pula dengan penampilan fashion show 5 desain Batik Khas Depok (dari 10 desain yang ada) oleh Finalis Abang Mpok Depok 2008, musik dari Seniman Terminal Depok, dan pembagian semacam selendang kecil Batik Depok kepada masyarakat yang menonton acara ini.

Galeri foto selengkapnya dapat dilihat di sini.

Pada kesempatan ini, Walikota Depok juga mengingatkan kalau pada saat ini juga sedang diadakan lomba lainnya mengenai kekhasan Kota Depok, yaitu Lomba Desain Cinderamata Kota Depok. Waktu penutupan lomba ini seharusnya tanggal 18 Juni 2009, tapi diperpanjang hingga 18 Juli 2009.

Jadi, berminat dan ingin tau bagaima cara mendapatkan Batik Depok ini untuk keperluan pribadi ataupun dijual kembali? Bisa coba menghubungi Dewan Kerajian Nasional / DEKRANASDA Depok ya 🙂

What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

5 pemikiran pada “Launching Batik Khas Depok”

  1. Waahhh baru tahu kalo ternyata depok punya batik khas, sebagai orang yang berasal dari kota batik [pekalongan] aku melihat batik depok ok juga. warnanya ceria mirip seperti batik cirebonan ya? mudah-mudahan anak-anak muda jaman sekarang semakin menyukai batik ya 🙂

    Balas
  2. mas ditooooooooo
    thx in advance, udh wrapping ttg launching batik depok kmrn. ditunggu partisipasinya di event IKAM yg lain ya mas, soon: pemilihan abang mpok depok 2009. have a great day!

    regards, dyne

    Balas

Tinggalkan Balasan