Komunitas Blogger Depok (deBlogger)

Logo deBlogger

Berawal dari pembahasan mengenai komunitas-komunitas blogger yang ada di Indonesia di suatu blog dan kemudian berlanjut ke pembahasan yang lebih intens di Plurk dan media internet lainnya, pertemuan pertama pembentukan Komunitas Blogger Depok (deBlogger) terwujud juga pada tanggal 20 Maret 2009 di tempat makan TIKTOK. Ada lima blogger yang hadir pada pertemuan pertama kalinya ini, yaitu: Dodi Mulyana, Andri Nawawi, Febrian Shandy Rifano, Eyla Alivia, dan saya sendiri. Pertemuan ini membicarakan secara umum tentang deBlogger dan persiapan talkshow pada keesokkan harinya di Depok Town Square, dimana Dodi dan Andri diundang untuk menjadi pembicara sebagai perwakilan dari deBlogger.

deBlogger @ Tiktok deBlogger @ Tiktok

Blogger yang datang pada acara talkshow alias kopdar ke-2 semakin meningkat jumlahnya, dari yang sebelumnya hanya 5 blogger saja. Pada kesempatan ini juga hadir blogger dari luar Depok, yaitu Mbak Ajeng dan Kak Sheed, yang memberikan beberapa wejangan-wejangan yang sangat bermanfaat untuk deBlogger yang masih tergolong sangat-sangat muda.

KopDar deBlogger part 2 KopDar deBlogger part 2KopDar deBlogger part 2 KopDar deBlogger part 2

Sejak kopdar ke-2 ini, pembahasan dan rapat mengenai pembentukan serta peresmian Komunitas Blogger Depok mulai dilakukan secara intens. Rapat-rapat itu dilakukan di berbagai tempat yang ada di Kota Depok, mulai dari Burger and Grill, Universitas Indonesia, Pondok Laras, dan Margo City Depok. Dari berbagai tempat ini, sepertinya Burger and Grill lah yang menjadi tempat favorite karena range harga makanannya yang rada-rada sesuai dengan ukuran kantong dan wifi sepuasnya gratis. Tetapi sayang sekali di Burger and Grill tidak menyediakan makanan-makanan ringan atau kudapan pembuka selain sandwich.

KopDar deBlogger part 2 KopDar deBlogger part 2

Setelah perjalanan yang panjang dan berliku-liku mulai dari bulan Maret sampai dengan Mei 2009, acara Grand Launching Komunitas Blogger Depok berhasil dilaksanakan hari Minggu kemarin tanggal 31 Mei 2009 mulai pukul 18:30 – 21:30 WIB di Area Stage Friday Jazz Margo City Depok.

Margo City Depok Margo City DepokMargo City Depok Area Stage Friday Jazz Margo City

Acara ini dihadiri oleh sekitar 120an orang dan tamu-tamu undangan, yaitu: Pak Priyadi (Blogger ternama dari Kota Depok), Pak Rusmanto (KPLI Depok), Pak Herry Pansila (Dinas Komunikasi dan Informatika Depok), Perwakilan Walikota Depok, Mbak Tika dan Mas Zam dari dagdigdug.com, Ikatan Abang dan Mpok Depok yang sedang membuka pendaftaran untuk calon Abang dan Mpok Depok 2009, Perwakilan dari Universitas Gunadarma, dan Mas Enda Nasution yang merupakan Bapak Blogger Indonesia dan hadir sebagai pembicara, serta Mas Adhitia Sofyan yang menghibur para blogger dengan 3 tembang lagunya yang dapat di-download secara gratis di blog-nya.

Grand Launching deBlogger Grand Launching deBlogger

Pada acara ini, diumumkan pula Pemenang Lomba Menulis Artikel Blog yang diikuti khusus oleh siswa/i SMA/SMK/MA Kota Depok yang sebelumnya juga telah mengikuti Kegiatan Pelatihan Membuat Blog, dimana Universitas Gunadarma merupakan sponsor utamanya. Daftar pemenang lomba tersebut dapat langsung dilihat di situs deBlogger.

Pelatihan Membuat Blog Pelatihan Membuat BlogPelatihan Membuat Blog Pelatihan Membuat Blog

Terima kasih banyak atas kerja keras Tim Persiapan Grand Launching dan pihak-pihak lainnya yang sudah mendukung terselenggaranya acara Grand Launching ini. Selamat dan sukses selalu buat deBlogger, mudah-mudahan saja tidak berhenti sampai disini saja kegiatannya, tetapi bisa terus berkiprah dan memberikan kontribusi yang positif khususnya untuk Kota Depok.

Grand Launching deBlogger

Bagi yang ingin bergabung di Komunitas Blogger Depok ini, bisa langsung mengunjungi situs resmi deBlogger di http://www.deblogger.org, bergabung di milis-nya http://groups.google.com/group/deblogger, atau join di Facebook page-nya http://www.fbpage.com/deblogger

Link Terkait:

What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

11 pemikiran pada “Komunitas Blogger Depok (deBlogger)”

  1. jadikan depok kota penuh dgn blogger, jd bisa mengurangi pengangguran di kota tercinta….termasuk sy yg lg semangatnya nyari info ttg bikin web apa yg pas..saking banyaknya info yg saya lahap jd bingung sendiri hrs mulai dari mana…BRAVO BLOGGER DEPOK.

    Balas
  2. Hy min nama gw Rio alwaali..kalo mau gabung gimana ya??umur sayamasih 16 tahun..trus juga bacaan di blog saya gak terlalu serius banget..tampilan blog saya juga masih biasa…Mungkin dengan join di komunitas ini saya bisa dapat pelajaran dari master master bloger di depok..info nya yaa?kirim email aja ke [email protected]

    Balas

Tinggalkan Balasan