Komutta, Aplikasi Untuk “Commuter”

Komutta merupakan salah satu aplikasi favorit saya di Android. Bagi yang belum pernah menggunakannya, aplikasi ini membantu mereka-mereka yang menggunakan transportasi umum untuk mengetahui rute (busway dan patas AC), jadwal (KRL Jabodetabek), dan nomor telepon yang dapat dihubungi (Taxi). Kalau tidak salah, pada awalnya aplikasi ini hanya menyediakan fitur untuk busway saja. Kemudian berkembang ke moda transportasi lainnya.

Selama ini salah satu hal kendala apabila ingin menggunakan KRL adalah ketidaktahuan mengenai jadwalnya. Satu-satunya situs yang setidaknya cukup enak dalam menyajikan informasi jadwal KRL adalah krlmania.com, namun situs ini tidak mobile friendly. Dengan adanya aplikasi Komutta, pengguna dapat melihat dengan mudah jadwal-jadwal KRL di masing-masing stasiun, dan dapat pula mengetahui akan sampai stasiun tujuan pukul berapa (jangan terlalu dijadikan patokan sih, mengingat KRL sering mengalami gangguan).

Fitur KRL versi awal-awal di Komutta sebenarnya agak ribet digunakan (khususnya untuk saya pribadi). Karena pengguna perlu memilih terlebih dahulu trayek KRL yang ingin dinaiki (misal Bogor – Jakarta Kota), barulah memilih stasiunnya. Kalau tidak salah tidak ada list sebaliknya, jadi apabila ingin ke arah Bogor, yang dipilih trayek Bogor – Jakarta Kota.

Komutta versi 0.5 yang merupakan versi paling baru mengalami perubahan yang cukup signifikan. Tidak hanya dari sisi tampilan, tetapi juga dari pilihan moda transportasinya. Taxi dan Patas AC menambah jajaran informasi transportasi yang ada di aplikasi Komutta. Fitur KRL pun mengalami perombakan dan menjadi semakin mudah untuk menggunakannya. Pengguna tidak memilih trayek lagi, tetapi langsung stasiun keberangkatan, jenis KRL (ekonomi, ekonomi AC, atau ekspress).

Sepertinya akan menarik apabila Komutta menyediakan fitur tracking location penggunanya untuk fitur KRL. Sehingga pengguna tidak perlu memilih stasiun dia berada saat ini, melainkan cukup di-tracking location-nya. Walaupun sebenarnya saya pribadi selalu melihat jadwal KRL dari tempat lain, bukan ketika berada di stasiun. Fitur ini mungkin agak mirip di fitur Busway, tapi hanya menampilkan posisi penggunanya saja dan peta trayek Busway.

Fitur Patas AC juga mempermudah penggunanya yang mungkin tidak biasa menggunakan Patas AC, alias tidak mengetahui harus naik Patas AC nomor berapa dari suatu tempat. Ada dua opsi menggunakan fitur Patas AC ini, pertama memilih Patas AC berdasarkan nomornya, dan kedua berdasarkan lokasi. Misalkan penggunanya ingin naik dari Jalan Margonda Raya, maka pilih jalan tersebut, dan akan muncul Patas-Patas AC nomor berapa yang melewatinya. Kemudian apabila dipilih salah satunya, akan ditampilkan trayek dari Patas AC tersebut.

Aplilasi Komutta dapat ditemukan di Android Market. Informasi lebih lanjut mengenai aplikasi ini dapat dilihat di http://mreunion.wordpress.com/2010/12/05/komutta-v-0-5/