Mutasi BPJS Kesehatan Perusahaan ke Mandiri

Bagi kamu yang memutuskan untuk resign dan tidak langsung lanjut bekerja di tempat lain, kantor baru tidak menggunakan BPJS Kesehatan, atau mungkin memutuskan untuk berwirausaha, jangan lupa untuk melakukan mutasi BPJS Kesehatan Perusahan ke Mandiri. Apabila kamu tidak mengurus mutasi ini, dikhawatirkan status kepesertaanmu menjadi non aktif karena iuran bulanan BPJS Kesehatan tidak terbayarkan.

Sebelum membahas bagaimana prosedur melakukan mutasi di Depok, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu Kantor BPJS Kesehatan mana yang perlu dikunjungi dikarenakan BPJS Kesehatan Cabang Depok memiliki dua gedung di dua lokasi berbeda: Gedung A dan B.

Gedung Pelayanan BPJS Kesehatan Depok Gedung A yang berada di Jl. Margonda Raya No.23 memberikan pelayanan informasi/pengaduan (peserta Mandiri, Jamkesma/PBI APBN, Jamkesda/PBI APBD), pelayanan kesehatan dan keuangan, perubahan data PNS/TNI/Polri/Mandiri, cetak kartu, rekomendasi dinas sosial, dan administrasi pelayanan kesehatan.

Sedangkan Gedung B yang berada di Ruko Saladin Square Blok B 19 memberikan pelayanan administrasi badan usaha, pendaftaran peserta Mandiri, dan penambahan anggota keluarga peserta Mandiri.

Nah, untuk melakukan mutasi BPJS Kesehatan Perusahaan ke Mandiri dapat dilakukan di Gedung A yang memberikan pelayanan setiap Senin-Jumat pukul 08.00-15.00 WIB (Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional tutup). Loket untuk melakukan proses mutasi berada di gedung belakang, bukan gedung depan.

Suasana Ruang Tunggu Loket A dan B BPJS Kejsehatan Depok

Sebelum mengisi formulir yang tersedia, ada baiknya kamu mengambil nomor antrian dulu di Loket B yang memberikan pelayanan untuk mutasi peserta Mandiri/perseorangan.

Setelah mengambil nomor antrian, saatnya mengisi formulir yang telah tersedia. Formulir untuk mutasi BPJS Kesehatan Perusahaan ke Mandiri adalah Formulir 2A. Apabila bingung bagaimana mengisi formulir tersebut, cukup ikuti panduan pengisian yang telah disediakan oleh petugas.

Jangan lupa untuk menyiapkan seluruh berkas yang menjadi syarat untuk proses mutasi dan tunggu nomor antrianmu dipanggil. Ini yang agak memakan waktu cukup lama.

Setelah selesai dengan Loket B, maka kamu akan diminta menunggu panggilan dari Loket A untuk proses pencetakan kartu BPJS Kesehatan.

Saat dipanggil, kamu akan diminta untuk melakukan pembayaran iuran BPJS. Pembayaran dapat dilakukan di samping Loket A dan akan mendapatkan struk pembayaran.

Bukti Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan Mandiri

Tunggu kartu selesai dicetak dan nanti nama kamu akan dipanggil. Tunjukan struk pembayaran dan fotokopi KTP/KK.

Maka selesailah proses mutasi BPJS Kesehatanmu dari Perusahaan ke Mandiri. Jangan lupa untuk membayar iuran bulanan.

Persyaratan Mutasi Kepesertaan Nonaktif dari Perusahaan ke Mandiri

Persyaratan Mutasi BPJS Kesehatan

  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi KTP (seluruh anggota keluarga)
  • Fotokopi Packlaring/Surat Resign
  • Fotokopi Buku Rekening Bank (BRI/BNI/Mandiri)
  • Mengisi Formulir 2A