Bayar Parkir Pakai Gopay

Akhir-akhir ini saya mulai sering melihat info kalau sudah bisa bayar parkir menggunakan GoPay, walaupun sepertinya masih terbatas di beberapa tempat saja, khususnya yang menggunakan Secure Parking.

Awal mula saya mengetahui kalau bayar parkir sudah bisa pakai GoPay dari akun social media Margo City. Selang beberapa waktu kemudian, saya melihat juga info ini di Dmall Depok.

Setelah sekian lama saya tahu info ini, baru lah saya mencoba bayar parkir pakai GoPay di bulan Desember 2019. Penasaran juga bagaimana prosesnya, apakah sama dengan OVO.

Hal pertama yang saya bingung adalah kapan harus saya scan tiket parkirnya. Saya kemudian coba cari-cari informasi mengenai cara bayar parkir pakai GoPay, dan di Blog GoJek tertulis “Ambil karcis parkir dan langsung scan pada aplikasi GoJek “. Hal ini berbeda dengan cara bayar parkir pakai OVO (scan dilakukan sebelum keluar parkir karena ada batasan waktu sekian menit sudah harus keluar dari gate atau dikenakan denda).

Berbeda dengan yang tertera di Blog GoJek, tulisan yang tertera pada tiket parkir adalah “Scan Tiket Parkir Setelah Parkir”. Kalimat ini sebenarnya membuat saya agak bingung. Apakah maksudnya setelah saya mendapatkan lokasi parkir dan mematikan mesin kendaraan kemudian saya scan tiket parkirnya. Ataukah saat saya mau keluar parkir barulah saya scan, seperti halnya OVO.

Akhirnya saya memutuskan untuk scan tiket parkir setelah mendapatkan lokasi parkir.

  1. Buka aplikasi GoJek dan pilih “Pay” (sama seperti saat melakukan pembayaran di tenant lain).
Bayar Parkir Pakai Gopay di Aplikasi Gojek
  1. Arahkan kamera ke barcode yang ada di tiket parkir. Proses ini terasa agak sulit karena saya coba cukup lama dan tidak ada respon. Walaupun pada akhirnya masuk ke tahapan selanjutnya.
Bayar Parkir Pakai Gopay di Aplikasi Gojek
Bayar Parkir Pakai Gopay di Aplikasi Gojek
  1. Apabila scan berhasil, maka akan terbuka halaman “Welcome to GoPark”. Di sini ditampilkan beberapa informasi dan tahapan bayar parkir pakai GoPay. Tekan “Verify to Continue” untuk ke tahapan selanjutnya.
Bayar Parkir Pakai Gopay di Aplikasi Gojek
  1. Masukkan PIN GoPay.
Bayar Parkir Pakai Gopay di Aplikasi Gojek
  1. Apabila PIN benar maka permintaan untuk bayar parkir pakai GoPay berhasil diajukan. Nah, ini yang berbeda dengan OVO. Pada saat bayar parkir pakai OVO, pendebitan saldo langsung dilakukan. Kalau pakai GoPay, saldo tidak langsung didebit, melainkan hanya “tercatat” di GoPay bahwa tiket parkir tersebut akan dibayar menggunakan saldo GoPay. Jadi tidak ada batasan waktu harus keluar dalam waktu sekian menit sejak di-scan, seperti halnya OVO.
Bayar Parkir Pakai Gopay di Aplikasi Gojek
  1. Saldo GoPay baru akan otomatis terpotong saat tiket parkir diserahkan ke petugas di pintu keluar. Saat di pintu keluar, kita tidak perlu mengeluarkan ponsel untuk scan atau apapun. Tinggal bilang saja pakai GoPay dan sudah di-scan. Otomatis saldo GoPay akan terpotong dan ada notifikasi yang muncul di ponsel mengenai pembayaran parkir.
Bayar Parkir Pakai Gopay di Aplikasi Gojek
  1. Transaksi pembayaran GoPark juga bisa dicek di History GoPay.
Bayar Parkir Pakai Gopay di Aplikasi Gojek

Bagaimana, ada yang sudah mencoba bayar parkir pakai GoPay? Lebih suka proses pembayaran OVO atau GoPay?

Kalau saya pribadi lebih suka dengan proses pembayaran GoPay yang tidak langsung mendebit saldo setelah di-scan. Jadi tidak perlu buru-buru harus keluar. Kapan pun keluar lokasi parkir tetap bisa karena tarif dihitung dan saldo GoPay dipotong secara otomatis ketika tiket parkir ditransaksikan sama petugas di pintu keluar. Tapi perlu diingat kalau batas maksimal bayar parkir pakai GoPay tidak bisa lebih dari Rp50.000,-

Namun satu kendala yang saya hadapi saat ingin bayar parkir pakai GoPay adalah saat scan tiket parkir. Terasa agak sulit. Sudah coba beragam posisi, dari yang dekat sampai yang agak jauh, tetap tidak ada respon. Ketika ada respon munculnya muncul pesan “Unrecognized QR Code”. Ini kejadian di mall lain di Kota Depok yang akhirnya membuat saya membayar pakai cara lain.

Gopay Gagal Scan Tiket Parkir Gopark

Semoga ke depannya bisa semakin mudah proses scan ini.