Cara Bayar Parkir Menggunakan OVO di Sky Parking

Awal mula saya mengenal OVO saat BiG TV Privelege Loyalty Program mengumumkan BiG Points telah berganti menjadi OVO Points per 1 Januari 2017. Sejak saat itu, saya mengira kalau OVO hanyalah aplikasi Poin Rewards milik Lippo Group. Tidak hanya pelanggan BiG TV saja yang bisa mendapatkan poin setiap melakukan pembayaran tagihan, pengguna Bolt juga bisa mendapatkan OVO Points.

Perubahan BiG TV Points Menjadi OVO Points
Pengumuman Perubahan BiG TV Points Menjadi OVO Points

Pengabungan beberapa loyalty program perusahaan-perusahaan di bawah naungan Lippo Group menjadi satu poin reward menurut saya OK, poin yang didapat pelanggan tidak “bertebaran” di mana-mana, melainkan menjadi satu poin rewards. Ini berarti kesempatan untuk dapat menukarkan poin ke suatu penawaran akan semakin tinggi 😀

Awal mula saya mulai curiga kalau OVO tidak hanya sekedar aplikasi poin rewards saat melihat promo “Parkir Seharian di Lippo Mall cuma Rp1,- pakai aplikasi OVO.” Saat itu saya bertanya-tanya, bagaimana cara bayarnya? Bukankah itu hanya aplikasi poin rewards? Apa bayar pakai poin? Namun promo ini tidak langsung membuat saya tertarik untuk membuka aplikasi OVO, karena saya perhatikan promo tersebut hanya di tempat parkir yang dikelola oleh Sky Parking, sedangkan di tempat-tempat yang sering saya kunjungi (setahu saya) belum ada yang dikelola Sky Parking.

Tampilan Home Aplikasi OVO
Tampilan Home Aplikasi OVO

Saya mulai buka-buka aplikasi OVO saat Cinemaxxx Depok resmi dibuka, dikarenakan ada promo untuk pembayaran menggunakan OVO. Ternyata selain OVO Points, ada OVO Cash. Mungkin bisa dikatakan kalau OVO Cash ini uang elektronik seperti GO-PAY, MANDIRI E-CASH, TELKOMSEL T-CASH, dan BCA SAKUKU. Kita bisa melakukan isi ulang (top-up), pengecekan saldo, dan melakukan transaksi.

Pengalaman Menggunakan OVO CASH

Pertama kali saya mencoba melakukan pembayaran menggunakan OVO Cash saat melakukan pembelian tiket di Cinemaxx Depok Town Square. Namun saat itu staf yang bertugas mengatakan sedang ada gangguan, sehingga saya tidak dapat melakukan pembayaran menggunakan OVO Cash. Kemudian saya kembali mencobanya di hari lain dan transaksi berhasil dilakukan walaupun memakan waktu agak lama.

Hypermart Depok Town Square merupakan tempat kedua saya mencoba OVO Cash. Saat melakukan pembayaran, layar di mesin EDC menampilkan tulisan “receiving” terus menerus tanpa ada respon berikutnya. Transaksi kembali coba diulang, tetapi masih dengan hasil yang sama. Staf lain yang bertugas mengatakan mungkin ada masalah dengan sinyal di handphone, walaupun saya perhatikan sinyal di handphone saya OK. Akhirnya saya melakukan pembayaran menggunakan cash. Kejadian ini sempat membuat saya bingung bagaimana cara menghabiskan saldo OVO Cash kalau sering gangguan.

Pada akhir Februari 2018, munculah kabar dari Instagram Depok Town Square kalau mulai 1 Maret 2018, seluruh pembayaran parkir mobil dan motor secara cash dilakukan di PPS (Parking Payment Station) atau booth pembayaran parkir yang tersedia di beberapa lokasi, ataupun bisa langsung melalui aplikasi OVO.”

Setelah pemberlakukan kebijakan ini, saya masih mengira tidak ada perubahan prosedur pembayaran parkir. Seperti umumnya di tempat parkir lain, kita bisa langsung membawa kendaraan ke pintu keluar dan “menyerahkan” uang elektronik ke petugas di pintu keluar. Namun saat saya di pintu keluar Lippo Mall Kemang, petugas menanyakan apakah karcis parkir saya sudah di-scan di aplikasi OVO (setelah petugas tersebut men-scan karcis parkir). Kemudian petugas tersebut memberikan panduan cara melakukan pembayaran parkir menggunakan OVO.

Cara Pembayaran Sky Parking Menggunakan OVO

Berikut ini langkah-langkah pembayaran Sky Parking yang dapat dilakukan di mana pun, termasuk di mobil sesaat sebelum jalan ke pintu keluar (tanpa harus mendatangi PPS). Pastikan sudah memiliki saldo OVO Cash dan aplikasi OVO di handphone.

  1. Buka aplikasi OVO, dan masukkan security code.
     
    Cara Pembayaran Sky Parking Menggunakan OVO Cash - Step 1
     
  2. Pada halaman “Home, tekan bagian tengah bawah yang bertuliskan “Tekan untuk melihat barcode”.
     
    Cara Pembayaran Sky Parking Menggunakan OVO Cash - Step 2
     
  3. Scan karcis parkir.
     
    Cara Pembayaran Sky Parking Menggunakan OVO Cash - Step 4
     
  4. Muncul rincian detail pembayaran. Apabila OK, tekan tombol “Bayar”.
     
    Cara Pembayaran Sky Parking Menggunakan OVO Cash - Step 5
     
  5. Masukkan kembali security code.
     
    Cara Pembayaran Sky Parking Menggunakan OVO Cash - Step 6
     
  6. Muncul konfirmasi berhasil. Tekan “Selesai” untuk kembali ke halaman Home.
     
    Cara Pembayaran Sky Parking Menggunakan OVO Cash - Step 7
     
  7. Perlu diingat, kita harus sudah keluar dari tempat parkir dalam waktu 30 menit. Kalau tidak, akan dikenakan biaya tambahan.
     
    Cara Pembayaran Sky Parking Menggunakan OVO Cash - Step 8
     

Bagaimana menurutmu?

Sebenarnya ini memudahkan pengguna OVO saat melakukan pembayaran parkir, cukup scan sendiri karcis parkir dan akan langsung memotong saldo OVO Cash. Namun dengan semakin banyaknya “penerbit” uang elektronik, uang kita akan semakin banyak “tersebar” di berbagai macam uang elektronik. Ini karena beda tempat beda kebijakan uang elektronik yang dapat digunakan. Kalau kehendak pribadi, cukup menggunakan satu uang elektronik tapi bisa digunakan di seluruh tempat 🙂