Atlet dalam Bentuk Model 3D di Mesin Pencarian Google

Pernahkah menemukan suatu hasil pencarian di Google Search Engine berupa model 3D (ada tombol View in 3D-nya)? Biasanya muncul saat sedang mencari suatu hewan, objek atau tempat.

Kalau tidak salah, saya pertama kali mengetahui ada hasil pencarian di Google dalam bentuk mode augmented reality (AR) dan 3D ketika Google menginformasikan kalau kita bisa travel back in time with AR dinosaurs in search (video di bawah ini). Jadi kita bisa “memunculkan” dinosaurus di area kita melalui smartphone (seperti permainan Pokemon Go). Udah pada ngumpulin berapa pokemon? #eh

Fitur ini bisa dicoba dengan cara search keyword salah satu nama dinosaurus di mesin pencarian Google via smartphone (pastikan smartphonenya mendukung fitur ARCore).

Beberapa nama dinosaurus tersebut antara lain: Tyrannosaurus Rex, Velociraptor, Triceratops, Spinosaurus, Stegosaurus, Brachiosaurus, Ankylosaurus, Dilophosaurus, Pteranodon, and Parasaurolophus (dan mungkin masih ada dinosaurus lainnya). Kemudian cari tombol “View in 3D” dan klik/touch untuk menampilkannya (kalau tidak terlihat tombolnya, coba scroll ke bawah beberapa kali).

Trex 3D Model in Google

Selain dinosaurus, ternyata ada model 3D lainnya, yaitu beberapa hewan, object, bahkan situs warisan budaya. Keyword yang digunakan juga bisa dalam Bahasa Indonesia, karena ketika saya coba mencari “itik” muncul juga opsi “View in 3D”-nya. List lengkapnya dapat dilihat di sini.

Google sepertinya terus menambahkan model-model 3D-nya. Seperti saat series The Mandalorian season 2 tayang di Disney+, saya menemukan informasi kalau The Child tersedia model 3D. Menariknya tidak hanya gerak-gerak saja, melainkan ada suaranya juga. Tapi di rekaman video di bawah ini sedang tidak ada suaranya.

Saat penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 (yang diadakan pada 2021), saya kembali menemukan informasi kalau ada model 3D baru lagi, kali ini beberapa atlet. Salah satu atlet yang ada dalam bentuk model 3D adalah Simone Biles, pesenam asal Amerika Serikat. Kita ternyata tidak hanya bisa melihat Simone Biles berdiri saja, tetapi bisa melihat aksinya melakukan beberapa gerakan di “depan” mata kita, tanpa harus ke Tokyo 🙂

Kira-kira ada atlet siapa saja ya yang ada model 3D-nya? Ada yang sudah nemu atlet lainnya? Semoga ada juga atlet-atlet Indonesia ya ke depannya.

Sekadar catatan, fitur ini tidak tersedia di semua perangkat Android ataupun iPhone. Fitur ini hanya tersedia di perangkat yang mendukung fitur ARCore. Untuk list lengkap perangkat-perangkatnya dapat dilihat di sini untuk Android, dan di sini untuk iOS.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.