Yahoo! Post, Forum Berbasis Kata Kunci

Yahoo! Indonesia memperkenalkan produk baru yang ditujukan untuk pangsa pasar Indonesia pada hari Senin 15 Agustus 2011 lalu. Produk yang diberi nama Yahoo! Post merupakan sebuah forum yang berbasiskan kata kunci (keyword).

Berbeda dengan forum yang pada umumnya dikelompokkan berdasarkan kategori, Yahoo! Post dikelompokkan berdasarkan kata kunci. Jadi bisa dikatakan satu kata kunci adalah satu forum yang berisi banyak topik terkait kata kunci tersebut. Dengan pemanfaatan kata kunci ini sebagai basis pembuatan forum, forum yang terbentuk dapat menjadi sangat spesifik, berbeda dengan pengelompokkan berdasarkan kategori yang terkadang masih sangat luas cakupannya.

Apa saja yang dapat dilakukan pengguna di Yahoo! Post? Yahoo! Post memungkinkan penggunanya untuk dapat membuat forum atau topik, berdiskusi mengenai suatu hal dengan memanfaatkan fitur komentar, memberikan penilaian terhadap suatu topik/komentar (thumbs up/down), membuat jajak pendapat mengenai suatu hal, share suatu topik ke jejaring sosial, menjadi moderator, dan sebagainya.

Berbicara mengenai menjadi moderator, Yahoo! Post memiliki tiga tingkatan pengguna berdasarkan keaktifan pengguna di masing-masing forum, yaitu Kontributor, Pemilih, dan Moderator. Semakin tinggi tingkatan pengguna, semakin banyak pula fitur yang didapat dan beban yang ditanggung demi kelancaran forum tersebut.

Kontributor merupakan tingkatan pengguna yang didapat setelah membuat forum/topik atau memberikan komentar pada suatu forum. Seiring dengan semakin banyaknya jumlah kontribusi seorang pengguna, maka tingkatan pengguna akan naik menjadi Pemilih. Pemilih inilah yang dapat menentukan seseorang berhak atau tidak menjadi Moderator di suatu forum.

Moderator merupakan tingkatan pengguna tertinggi di Yahoo! Post. Moderator ini tidak ditentukan oleh pihak Yahoo! Indonesia, tetapi ditentukan sendiri oleh para pengguna di suatu forum dengan sistem pemilihan suara. Pengguna yang telah berkontribusi cukup banyak di suatu forum, lebih dari 50 posting-an, dapat mencalonkan diri menjadi Moderator. Namun, proses pencalonan diri baru dapat dilakukan apabila terdapat minimal 10 pengguna serupa, sama-sama telah berkontribusi lebih dari 50 posting-an. Pengguna ini dikenal dengan istilah e-voter.

Apabila suatu forum telah memenuhi syarat-syarat tersebut, tombol untuk mencalonkan diri akan muncul. Proses pencalonan diri menjadi Moderator akan berlangsung selama dua hari. Ini memberikan kesempatan bagi pengguna lain untuk mencalonkan dirinya juga. Setelah proses ini selesai, akan dilanjutkan proses pemilihan suara selama dua hari. Kemudian barulah didapat Moderator dari suatu forum tersebut.

Moderator bertanggung jawab untuk mengelola forum agar tetap menarik dan tidak ada hal-hal yang menyimpang. Moderator dapat mengubah avatar forum (seperti yang terlihat pada gambar yang diberi tanda nomor 1), memberikan deskripsi forum (tanda nomor 2), menetapkan topik-topik tertentu menjadi Topik Tetap (tanda nomor 3), menjadi Topik Pilihan (tanda nomor 4), atau keduanya. Topik Tetap bisa dikatakan seperti sticky notes, topik akan tampil di bagian atas daftar topik.

Selain itu, suatu topik juga dapat dikunci oleh Moderator sehingga tidak ada yang dapat berkomentar di topik tersebut. Moderator juga dapat mempromosikan komentar yang ada di suatu topik sehingga akan muncul bagian “Sorotan” sebelum bagian “Balasan Terbaru”.

Daftar pengguna yang telah berkontribusi di suatu forum dapat dilihat di halaman Komunitas di setiap forum, sehingga sesama ‘penghuni’ forum bisa saling mengetahui siapa saja anggota forum tersebut dan tingkatan penggunanya. Apabila para ‘penghuni’ ini merasa sang Moderator tidak dapat mengelola forum dengan baik, mereka dapat melaporkan Moderator ke Tim Layanan Pengguna Yahoo! untuk ditinjau tindak tanduk Moderator tersebut.

Ada yang sudah mencoba produk baru yang masih berlabel beta ini? Bisa dicoba di http://id.post.yahoo.com.

  • mage95

    Cool