Selamat Tahun Baru 2010

Perayaan tahun baru kali ini sedikit berbeda buat saya. Kali ini saya berkesempatan berlibur ke beberapa tempat di Sumatera Utara, yakni Medan, Danau Toba, dan Berastagi.

Kesan pertama yang saya rasakan pada saat mendatangi tempat-tempat tersebut adalah tidak terawat. Sangat disayangkan ternyata banyak sekali sampah berserekan di berbagai tempat, bahkan di sekitar Danau Toba tidak hanya di trotoarnya saja bahkan di pinggiran danaunya pun ada sampah. Berbeda sekali dengan Bali yang sepertinya memang masyarakat dan pemerintahnya berjuang bersama untuk memajukan pariwisatanya.

Tidak hanya di sekitar Danau Toba saja yang terlihat kotor, di Kota Medan itu sendiri terlilhat kotor, sampah juga sering dijumpai mana-mana. Padahal kalau tidak salah Kota Medan pernah menang Piala Adipura sebagai Kota Raya Terbersih di tahun 1996. 14 tahun berlalu dan sudah tidak terlihat lagi kebersihan itu, kecuali di beberapa tempat saja khususnya di pusat kotanya yang agak terlihat bersih.

Sekali lagi, selamat tahun baru 2010, semoga saja di tahun ini bisa lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya, dan khususnya untuk Kota Depok mudah-mudahan saja PILKADA bisa berjalan dengan lancar dan damai…