Rockto, Social Recommendation Site

Rockto? Sudah beberapa bulan ini saya menghampiri situs ini. Sebenarnya situs apakah Rockto itu? Ada hubungannya kah dengan aliran musik rock?

ROCK is word for Trending, Hot, Cool, Nowadays, Funny, All kind of things that worth to share with the rest of the world.

Situs Rockto (What’s ROCK TOday?) yang sepertinya sudah berumur 1 tahun (tertulis di Facebook Page-nya founded tahun 2009) adalah tempat untuk saling berbagi informasi-informasi menarik mengenai suatu artikel, gambar, video, atau semacamnya. Selain itu, situs ini memberikan pula wadah bagi penggunanya untuk saling berkomentar dan me-rcks! (seperti “like” di Facebook) artikel yang disukainya (dapat juga dikoneksikan dengan akun Facebook & Twitter). Kurang lebih seperti situs digg.com atau lintasberita.com. Kalau dilihat dari blognya, para pengembang situs Rockto menyebut Rockto sebagai Social Recommendation Site.

Awal-awal saya menggunakan situs ini, sering mengalami error ketika login. Karena kejadian ini, sempat membuat saya meninggalkan situs ini untuk beberapa saat. Tetapi saat ini sudah lancar jaya, belum pernah ketemuan lagi dengan si error tersebut.

Hal yang berbeda dari Rockto dibandingkan situs sejenisnya adalah adanya badge dan store. User akan mendapatkan badge apabila telah melakukan sesuatu yang telah dipersyaratkan (seperti badge pada foursquare.com) dan user dapat menukarkan poin yang telah dikumpulkannya di store Rockto dengan aneka ragam produk yang ada (seperti iPod Touch, Shuffle, dan kaos). Bagaimana cara mendapatkan poinnya? Kalah tidak salah, setiap kali ada user yang me-rcks! suatu artikel, maka pe-submit artikel tersebut akan mendapatkan poin.

Rockto juga menyediakan semacam RSS Reader. Jadi kita bisa membaca artikel-artikel terbaru dari berbagai macam situs favorit kita dari situs Rockto dan pastinya kita bisa langsung me-rcks!nya.

Sayangnya, situs ini belum menyediakan versi mobile-nya. Walaupun situs Rockto dapat terbuka sempurna di smartphone Android, tapi agak mengalami kesulitan pada saat memberikan tag di artikel yang di-submit (khususnya untuk saya pribadi) dan sering kali malah membuat browsernya ter-close dengan sendirinya. Mudah-mudahan saja Rockto segera meluncurkan versi mobile, atau mungkin Android App 🙂

***

Iseng-iseng membuat Google Chrome Theme bertemakan Rockto.com yang dapat di-install via Chrome Web Store.