Perubahan Pola Rute KRL Commuter

Per tanggal 5 Desember 2011, akan ada perubahan pola rute KRL Commuter Jabodetabek. Berita mengenai perubahan pola ini sebenarnya sudah terdengar dari beberapa bulan yang lalu, dan ternyata benar-benar akan diterapkan. Pola baru ini akan menghapus beberapa rute, sehingga beberapa pengguna diharuskan transit di suatu stasiun untuk kemudian melanjutkan dengan KRL lain ke stasiun tujuan akhirnya.

Pada tanggal 22 November 2011, PT KAI Commuter Jabodetabek merilis press release di situs krl.co.id. Pola rute baru akan diujicobakan pada tanggal 1-4 Desember 2011, dan akan sepenuhnya diberlakukan pada tanggal 5 Desember 2011.

Kalau dilihat dari peta rute baru yang ada di situs tersebut, pengguna KRL Commuter dari Bogor/Depok tidak akan terlalu merasakan perbedaannya (mungkin jadwalnya yang ada penyesuaian). Tetapi untuk pengguna KRL Commuter dari Parung Panjang, Serpong, dan Bekasi akan merasakan dampaknya.

Pengguna KRL Commuter dari Parung Panjang/Serpong, harus transit di St. Tanah Abang apabila ingin ke Sudirman, Manggarai, Jakarta Kota, Depok, dsbnya. Hal ini dikarenakan tidak akan ada lagi KRL langsung ke St. Manggarai. Seluruh KRL dari Parung Panjang/Serpong akan berakhir di St. Tanah Abang. Pengguna KRL Commuter dari Bekasi juga harus melakukan hal yang sama, yaitu harus melakukan transit di St. Manggarai apabila ingin menuju St. Sudirman/Tanah Abang.

Mengenai tiket, tertulis di press release kalau akan ada tiket terusan. Tapi belum ada informasi mengenai berapa harga tiket terusan ini.

Semoga saja jadwal tunggu transit tidak terlalu lama, sehingga tidak merugikan para penggunanya.

***

Update 29 November 2011

Informasi perubahan jadwal KRL Commuter per tanggal 5 Desember 2011 sudah tersedia di situs krl.co.id.