Membuat Personas for Firefox

Beberapa hari yang lalu saya melihat di koprol kalau @vcool memposting hasil iseng-isengnya, membuat koprol persona for firefox. Setelah melihat dan mencobanya, saya jadi tertarik untuk membuat hal yang serupa, dan @vcool juga memberikan url situs Personas yang menjelaskan tahap demi tahap untuk membuat Persona.

Penjelasan yang diberikan di situs Personas sudah cukup detail dan jelas, jadi tidak terlalu susah untuk mengikutinya. Bahkan disediakan pula file photoshop-nya, sehingga kita bisa mengetahui kira-kira di mana posisi-posisi toolbar, seperti tombol home, search bar, address bar, dkknya berada.

View a sample Persona Header here.

View the sample Persona Header as seen in XP, Vista, and OSX.

View a sample Persona Footer here.

View the sample Persona Footer as seen in XP, Vista, and OSX.

Download the Personas Header Template here.

(source: getpersonas.com)

Hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran dimensi dari masing-masing gambarnya (header dan footer). Untuk header:

  • dimensi gambarnya adalah 3000 pixel (lebar) x 200 pixel (tinggi),
  • format gambar boleh JPG atau PNG,
  • gambar akan ditampilkan mulai dari sudut kanan atas.

Sedangkan untuk footer:

  • 3000 pixel (lebar) x 100 pixel (tinggi).
  • format gambar boleh JPG atau PNG,
  • gambar akan ditampilkan mulai dari sudut kiri bawah.

Penempatan gambar yang berbeda ini sebenarnya agak-agak bikin susah, karena kalau mau membuat header dan footer yang tersinkronisasi jadi agak ribet.

Untuk memudahkan, bisa memulai mendisainnya menggunakan file Persona Header Template, karena di file tersebut disediakan posisi-posisi toolbar di setiap browser Firefox untuk berbagai OS. File photoshop ini sangatlah membantu, karena setiap OS kan memiliki interface yang sedikit  berbeda.

Setelah selesai didisain, kita bisa mencobanya dulu offline sebelum diunggah ke situs Personas-nya. Bagaimana cara mencobanya? Bisa lihat di sini.

Ini merupakan screenshot halaman pengaturan untuk mencoba persona di browser sendiri. Masukkan nama persona di bagian Name. Browse file header dan footer di masing-masing bagiannya. Text Color untuk warna dari teks-teks yang ada di toolbar. Accent Color untuk warna background toolbar (header dan footer).

Kemudian kalau memang dirasa sudah sesuai dengan yang diharapkan, bisa mengunggah file-nya di sini. File yang sudah diunggah di situs Persona tidak akan langsung tampil di gallery personas karena akan ada proses penyetujuan dulu dari pihak personas-nya. Berdasarkan pengalaman saya mengunggah persona siKodok (gambar di bawah), membutuhkan waktu sekitar 12 jam baru disetujui. Itu mungkin karena adanya perbedaan waktu antara Indonesia dengan US.

Selamat berkreasi!

Untuk mencoba personas siKodok, bisa meng-install-nya di sini. Jangan lupa untuk meng-install terlebih dahulu add-ons personas untuk dapat memakai theme-theme ini.

  • wow…kayaknya jadi pingin buat juga dengan persona versi makanan mungkin he he he

  • hmm…. saya jarang pakai firefox… udah jatuh cinta sama chrome 😀
    .-= ridwan´s last blog ..Maling Unik =-.