Paket terbaru dari TelkomSpeedy, SPEEDY 2009

Akhirnya setelah ditunggu-tunggu, tarif internet akan segera turun juga di Indonesia. Kabar mengenai penurunan tarif ini salah satunya datang dari TelkomSpeedy yang baru-baru ini mengeluarkan paket-paket terbarunya yang sebelumnya hanya ada beberapa paket saja, tetapi sekarang menjadi 7 paket yang disediakan untuk dapat dipilih oleh customers-nya.

TelkomSpeedy yang merupakan Layanan Internet Access End to End dari PT Telkom dengan basis teknologi Asymetric Digital Subscriber Line (ADSL) memberikan lebih banyak pilihan yang dapat dipilih oleh customers-nya sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Kalau dilihat-lihat, tidak ada lagi paket limited volume based seperti pada paket sebelumnya dimana akan dikenakan biaya tambahan apabila melebihi quota yang ditentukan. Paket limited saat ini hanya ada untuk paket berbasis time based saja. Berikut ini adalah paket-paket terbaru dari TelkomSpeedy tersebut:

Tipe Paket
Layanan SPEEDY
Line Speed

(down/upstream)

QoS BW
(kbps/LIS)
Target

Limited 15 Jam

(Paket MAIL)
Rp 75.000/bulan

Tarif Excess Usage: Rp 25/menit

1 Mbps/256 kbps

8

Entry level user

Limited 50 Jam

(Paket CHAT)

Rp 175.000/bulan

Tarif Excess Usage: Rp 25/menit

1 Mbps/256 kbps

8

Advance user with limited time

Semi Unlimited 1

(Paket FAMILY)

Rp 195.000/bulan

384 kbps/96 kbps 12

Home user basic (browse, chat)

Semi Unlimited 2

(Paket LOAD)

Rp 295.000/bulan

512 kbps/128 kbps 16

Home user advance (game, download)

Unlimited 1

(Paket GAME)

Rp 645.000/bulan

1 Mbps/256 kbps 43

Internet for share up to 20 users

Unlimited 2

(Paket Executive)

Rp 995.000/bulan

2 Mbps/ 512 kbps 86

Internet for share up to 40 users

Unlimited 3

(Paket Biz)

Rp 1.695.000/bulan

3 Mbps/ 512 kbps

128

Internet for share up to 60 users

Untuk paket Semi Unlimited 1 (FAMILY) dan 2 (LOAD) diberikan quota sebesar 3 GB, dan apabila melewati quota 3 GB tersebut tidak ada biaya tambahan per MBnya, melainkan diturunkannya kecepatan menjadi 128 kbps. Dua paket ini menjadi rada-rada mirip dengan paket internet yang ditawarkan oleh Indosat 3.5G Broadband, Broom, Telkomsel Flash, dan semacamnya. Bedanya, TelkomSpeedy tidak bisa dibawa kemana-mana. Namun pada proposal yang saya terima dari Customer Service TelkomSpeedy, ada peringatan kalau semua paket-paket ini belum tentu tersedia di seluruh lokasi layanan TelkomSpeedy, karena itu semua tergantung dari ketersedian teknisnya.

Kapan paket-paket terbaru dari TelkomSpeedy ini dikomersialkan? Nah itu yang saya juga rada-rada bingung. Kenapa, dari jawaban Customer Service via email dikatakan bahwa saat ini TelkomSpeedy masih melakukan trial alat produksi, dan belum tahu kapan akan dimulai memasarkannya, tetapi mudah-mudahan tidak lama lagi. Sedangkan di situs TelkomSpeedy, yang baru saja berbenah, tertulis di halaman FAQ-nya bahwa Paket Speedy 2009 mulai dikomersialkan mulai 23 Maret 2009 untuk lokasi Jabodetabek, Bandung, Purwakarta dan Karawang. Mana yang benar, mungkin bisa ditanyakan kembali ke Customer Service-nya.

Untuk melakukan migrasi dari paket sebelumnya ke paket yang terbaru ini, yang saya dengar dari Luvie yang sempat membahas ini semuanya di Plurk, dengan cara mendatangi Plaza Telkom atau dengan kata lain tidak bisa melalui telepon 147.

Ada sedikit info tambahan, TelkomSpeedy juga mempunyai promo IG2S atau Internet Goes to School dengan tarif yang lebih menarik. Berikut ini tarif khusus yang dikenakan untuk pelanggan IG2S:

Paket Family (Unlimited) kecepatan 384 Kbps dengan abod Rp. 125.000,- Jika Quota mencapai 3 GB kecepatan diturunkan maksimun 128 Kbps.

Paket Load (Unlimited) kecepatan 512 Kbps dgn abod Rp. 176.000,- Jika Quota mencapai 3 GB kecepatan diturunkan maksimun 128 Kbps.

Paket Game (Unlimited) kecepatan 1 Mbps dgn abod Rp. 330.000,-

Apabila tertarik dengan promo ini bisa langsung mendatangi Plasa Telkom terdekat dengan membawa fotocopy identitas diri dan SK Guru atau Dosen.

  • kalo mislanya udah nyoba, kabar2in yaps cepet/bagus apa ga 😀

  • wah, besok musti konsultasi ke telkom nih. 🙂
    thanks!

  • kantor gw di pontianak pake speedy, tapi sering down 🙁

    • masa sih belum masuk TelkomSpeedy ke area rumahnya? klo ada telepon rumah, seharusnya bukannya bisa ya? he he he… tapi ngk tau juga deh…

      btw link nya sudah dipasang ya… thx u very much…

  • Ria

    Akupake dedicated line 1:1 telkom to…. 1.5 mbps…hehehehe
    jadi kalo kantor lagi liburan, semuanya buat aku…^_^

    Kantor yg dulu pake speedy, sampai hapan nomer telp CS -nya…habis down terus…hehehehe

  • Wah, boleh dicoba neh, kalau ternyata sudah beroperasi yang semi unlimited-nya lumayan lah. SElama ini pakai yang biasa, kuota 1GB dengan tarif 220 ribu per bulan.

  • iya nih, selama ini masih bergantung akses dari kampus… hehehehe..
    maklum rumahnya di ujung depok, speedy aja jangan2 sulit masuk nih…

    mas Dito, tukeran blogroll yuk…=)