Menggunakan e-Toll untuk Tiket Commuter Line

Pertengahan tahun 2013, PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) mulai memberlakukan sistem tiket elektronik. Ada dua macam tiket yang tersedia, single trip dan multi trip. Bagi yang hanya sesekali naik kereta, dapat membeli tiket single trip di loket. Tiket ini hanya dapat digunakan sekali, sesuai dengan stasiun tujuan yang sudah ditentukan pada saat membeli di loket. Bagi yang sering menggunakan Commuter Line, dapat membeli tiket multi trip. Dengan tiket ini, pengguna Commuter Line dapat langsung men-tap tiket elektronik tersebut di gate tanpa harus ke loket terlebih dahulu (apabila saldo masih mencukupi).

Penggunaan kartu e-toll sebagai tiket elektronik Commuter Line

Penggunaan kartu e-toll sebagai tiket elektronik Commuter Line

Pada saat awal penerapan tiket elektronik, saya berharap KCJ mengadopsi sistem tiket elektronik Trans Jakarta dalam hal pemanfaatan kartu-kartu prabayar perbankan. Akhir tahun 2013, hal itu terwujud dengan adanya kerjasama KCJ dengan Bank BCA. Kemudian pada pertengahan tahun 2014, KCJ kembali mengumumkan adanya kerjasama penggunaan kartu prabayar dengan bank lain, yaitu: Bank BRI, BNI, dan Mandiri. Ini semakin memudahkan pengguna jasa Commuter Line untuk menggunakan kartu prabayar yang sudah dimilikinya untuk digunakan juga sebagai tiket Commuter Line, tanpa harus membeli kartu lain yang semakin membuat dompet tebal 🙂

Mesin aktifasi, cek saldo, dan status kartu tiket elektronik.

Mesin aktifasi, cek saldo, dan status kartu tiket elektronik.

Bagaimana cara penggunakan kartu-kartu prabayar tersebut? Menurut petugas yang saya tanya di Stasiun Depok Baru, kartu prabayar harus diaktifkan terlebih dahulu di mesin aktivasi yang tersedia di stasiun sebelum dapat digunakan di gate. Tunggu sampai muncul informasi saldo pada mesin tersebut. Setelah itu, kartu prabayar sudah siap digunakan sebagai tiket elektronik Commuter Line.

Salah satu persyaratan penggunaan kartu prabayar ini adalah memiliki saldo minimum sebesar Rp7.000,-. Ini merupakan tarif terjauh penggunaan Commuter Line, sehingga dapat mengantisipasi kurangnya saldo di stasiun tujuan.

Sudah dua kali saya menggunakan kartu e-Toll untuk tiket elektronik Commuter Line. Pertama kali berhasil, tapi yang kedua kali sempat “ditolak” di gate out dengan pesan yang kurang lebih menyatakan belum di-tap di gate masuk. Namun saya coba pindah ke gate out sebelahnya dan berhasil keluar.