Mengatur Privacy Setting (Search) di Facebook

Sejak diluncurkannya skema pengaturan privacy di Facebook, banyak yang agak bingung untuk melakukan pengaturan tersebut. Secara default Facebook akan menyarankan untuk semua privacy setting-nya menjadi “everybody” yang berarti bisa dilihat oleh semua pengguna Facebook dari seluruh dunia. Selain itu, Facebook juga menghilangkan beberapa opsi pilihan dari masing-masing atribut yang bisa diatur di Facebook oleh masing-masing penggunanya.

Contohnya saja saat ini tombol add me as friend hanya tersedia pilihan “everybody” atau “friends of friends”. List fans page yang diikuti juga sekarang tidak bisa dihilangkan, alias semua pengguna Facebook bisa melihat apa saja fans page yang diikuti oleh user lainnya dengan melihat profile page-nya.

Selain hilangnya beberapa opsi, ada juga tombol pengaturan yang berpindah tidak lagi di halaman privacy setting tapi di halaman profile, yakni show/hide friends list. belum lagi akan ada interface baru dari Facebook yang saat ini masih diuji cobakan ke beberapa user saja, sehingga tampilannya bakalan berubah lagi, termasuk penempatan menunya.

Berikut ini tahapan untuk melakukan pengaturan fitur “search” dan “add me as friend”, sehingga bisa diminimalkan siapa saja yang bisa search akun kita di Facebook dan meng-add-nya menjadi friend.

  1. Klik Setting > Privacy Setting di kanan atas.
  2. Kemudian klik Search.
  3. Pada bagian “Facebook Search Results“, pilih opsi yang diinginkan. Apabila hanya teman saja yang bisa mencari akun kita melalui fitur search di Facebook, pilih “Only Friends“.
  4. Jangan beri tanda tik di bagian “Public Search Result” apabila tidak ingin akun kita dapat dicari melalui search engine seperti Google, Bing, atau Yahoo!.
  5. Berikutnya klik “Back to Privacy” untuk kembali ke halaman Privacy Setting.
  6. Klik “Contact Information“.
  7. Pada bagian “Add me as friend“, atur opsi yang ada sesuai dengan keinginan. Apabila dipilih “everyone” maka semua user Facebook yang sedang membuka profile kita, akan tertera tombol “Add me as friend“. Sedangkan apabila dipilih “Friends of Friends“, maka yang tidak ada dalam lingkup temannya teman kita, tidak akan muncul tombol “Add me as friend“.

Dengan begini permintaan jadi friend dari users yang tidak kita kenal bisa sedikit diminimalisir. Tapi semuanya dikembalikan lagi kepada penggunanya masing-masing, apakah profile Facebooknya ingin di-protect sedemikian rupa sehingga tidak terlalu diumbar informasi-informasi pribadi kita di Facebook, ataukah justru ingin disebarluaskan.

Perlu diingat apabila opsi yang dipilih adalah “everyone”, itu berarti sama saja membiarkan seluruh pengguna Facebook dapat melihat halaman profile kita beserta kegiatan yang kita lakukan di Facebook, seperti wall, notes, photos, dan video. Bahkan ada kemungkinan bisa di-search melalui search engine Google, Yahoo!, dan Bing…

Berikut ini ada video bagus yang membahas apa yang perlu kita ketahui mengenai privacy setting terbaru dari Facebook.

http://www.youtube.com/v/MTpa3AS39uA&hl=en_US&fs=1&

  • halooo, mau tanya nih, tau kan kalo di news feed kadang suka keliatan kalo kita tuh ngepost apa ato nulis sesuatu di wall orang. nah dulu tuh bisa disetting biar tulisan2 ato komen kita itu ga keliatan di news feed. tapi dengan fitur privacy yang sekarang jadi bingung mau cari settingan yang itu dimana hehe. tau ngga kira2 dimana settingnya?thx ๐Ÿ˜€

    • agak ribet nih jawabnya, he he he… mudah2an bisa dimengerti ๐Ÿ˜€
      kalau saya perhatikan sudah tidak ada setting-an seperti itu lagi. jadi skema privacy terbaru dari FB kalau kita berkomentar di wall user lain, maka akan muncul di news feed user-user yang berteman dengan kita dan user yang kita tulis wallnya. kira-kira bisa dimengerti ngk kalimatnya? he he he ๐Ÿ˜€

      anggap saja saya A, punya teman B dan C. B dan C juga saling temanan di FB. nah kalau A nulis di wall C, maka muncul di news feed si B karena dia berteman dengan A dan C. kalau B dan C tidak saling berteman, baru deh ngk muncul. sepertinya sih begitu…

  • hohoohooo nice explanation ๐Ÿ™‚
    thankyouuu ๐Ÿ™‚
    .-= Ihsan Nur Hadi´s last blog ..Le Grand Concert =-.

  • kamfret

    kok profil saya kalo diliat orang lain (yg belom friend) kok gak ada tulisan add as friend ya?? kasih info dong gan

    • coba ke halaman privacy setting, terus klik “view setting” di bagian “connecting on facebook”. nah nanti di bagian “Send you friend requests”, set menjadi “everyone”.