Lebaran sebentar lagi

Puasa tahun ini benar-benar puasa yang paling tidak terasa berakhirnya. Tau kenapa ? Mungkin dikarenakan tahun ini saya benar-benar disibukkan sekali dengan urusan Tugas Akhir/Skripsi. Tiap hari yang dipikirin dan dikerjain juga tentunya (ngk hanya dipikirin aja gitu, he4x… ntar ngk kelar-kelar klo hanya dipikirin aja, betul begitu bukan ?!) Tugas Akhir/Skripsi tersebut. Kejar Tayang terus karena klo ngk selesai sebelum hari Selasa atau Jumat tiap minggunya berarti bakal ketinggalan kesempatan ketemu DP. Klo udah kelewatan, bakal tambah lama ntar selesainya.

By the way, lebaran tahun ini kayaknya klo saya tidak salah dengar bakalan ada perbedaan lagi ya hari raya Idul Fitrinya ??? Katanya PP Muhammadiyah telah menetapkan bahwa lebaran tahun ini adalah tanggal 23 Oktober 2006. Ini kutipannya yang saya ambil dari detikcom:

PP Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal 1427 H jatuh pada Senin 23 Oktober 2006. Hasil ini diperoleh berdasarkan perhitungan hisab yang dilakukan para ahli di Muhammadiyah.
“Ijtima menjelang Syawal 1427 H terjadi Ahad 22 Oktober pada pukul 12.15 WIB. Setelah Ijtima tersebut matahari terbenam dan disusul dengan bulan. Ini menandakan pergantian bulan, ” kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin saat jumpa pers di Kantor PP Muhammadiyah, Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2006).

Sedangkan seperti yang kita tau bahwa di kalender nasional dinyatakan bahwa lebaran tahun ini adalah pada tanggal 24-25 Oktober 2006. Tapi yang pasti dari pemerintah sendiri katanya baru akan dirapatkan (final) pada tanggal 22 Oktober 2006 besok klo saya tidak salah.

Apa pun hasilnya nanti, menurut saya jangan lah terlalu dipermasalahkan. Masing-masing tanggal pasti telah diperhitungan matang-matang. Jadi klo mau ada yang shalat hari senin seperti saya (kata bokap saya sih rencananya shalat Iednya hari Senin) insya allah, it’s okay. Tapi klo ada yang selasa pun, it’s okay.

Oiya, klo saya amati acara-acara lebaran di TV-TV rata-rata pada menulis tanggalnya adalah tanggal 24 Oktober 2006. Yang saya mau pertanyakan, bagaimana apabila pemerintah menetapkan 1 Syawal 1427 H tu hari Senin ? Bagaimana tuh acara-acara yang telah disusun, apakah bakalan dirubah atau tetap seperti itu saja ?

Update 22 Okt 2006 17:18 WIB

Waduh, kira-kira lebaran yang diputuskan oleh pemerintah hari apa ya ‘coz sampai detik ini belum diumumkan hasilnya. Kalau saya baca-baca berita di detikcom, di Arab Saudi sudah diputuskan bahwa lebaran adalah hari Senin besok yaitu 23 Oktober 2006.

Hari pertama Idul Fitri di Arab Saudi jatuh pada Senin 23 Oktober. Dengan demikian masyarakat Arab akan mengakhiri puasa pada Minggu 22 Oktober ini.

Demikian disampaikan Dewan Pengadilan Tertinggi Arab Saudi kepada Saudi Press Agency seperti dilansir dari arabnews.com, Minggu (22/10/2006).

“Sebagaimana yang dilihat orang, bulan sabit terlihat sehingga Minggu adalah tanggal 30 Ramadhan, dan 23 Oktober adalah hari pertama Idul Fitri,” demikian statement Dewan Pengadilan Tertinggi Arab Saudi.

Update 22 Okt 2006 21:19 WIB

Akhirnya pemerintah sudah mengambil keputusan yang hasilnya sudah saya perkirakan juga, he4x… yaitu menetapkan bahwa 1 Syawal 1427 H adalah hari Selasa tanggal 24 Oktober 2006… dan PP Muhammadiyah sendiri tetap pada pendirian awalnya yaitu hari Senin besok pada tanggal 23 Oktober 2006…