Kode-Kode di Koprol.com

Apa itu koprol?

Mungkin lebih banyak yang berpendapat kalau koprol adalahgerakan berguling ke depan seperti yang pernah kita lakukan pada saat sekolah dulu di pelajaran olahraga. Tetapi koprol di sini bukan lah kegiatan berguling-guling ke depan itu, melainkan suatu situs micro-blogging terbaru yang merupakan hasil karya anak bangsa.

Koprol.com kurang lebih bisa dikatakan seperti situs micro-blogging lainnya, seperti: twitter, plurk, brightkite, atau yang lainnya. Namun, Koprol menggabungkan kelebihan dari masing-masing situs micro-blogging ini menjadi satu. Tampilan postingnya seperti twitter, namun kita bisa berkomentar di setiap postingan yang ada tepat di bawah postingan tersebut seperti halnya plurk, dan ada info lokasi dimana kita berada pada saat mem-posting tersebut seperti brightkite. Bahkan apabila kita lagi check-in di suatu tempat, kita bisa mengetahui siapa-siapa saja pengguna koprol yang sedang berada di tempat tersebut.

Koprol yang baru saja masuk ke dalam tahap beta, dimana sebelumnya hanya yang diundang saja bisa register, mempunyai beberapa kode-kode yang bisa digunakan dan kode-kode ini sebenarnya sudah dijelaskan di bagian ‘Random Tips’ yang ada di sebelah kanan. Tapi mungkin saja ada beberapa pengguna-nya yang tidak sadar tentang tips-tips ini, sehingga tidak tahu cara menggunakan fitur auto check-in, direct message, entourage,atau pun publish posting koprol to facebook status. So, di sini mau mengupas sedikit saja tentang cara penggunaan fitur-fitur tersebut. Klo mengupas banyaknya, lihat di blog koprol-nya saja ya…

Pertama tentang fitur auto check-in atau yang kata @ram adalah fitur teleport. Fitur ini merupakan jalan pintas untuk melakukan check-in, apalagi kalau sedang membuka koprol versi mobile alias dari HP.

Pada awalnya dulu kita cari dulu nama tempatnya, baru kemudian melakukan check-in. Setelah itu, bisa juga kita taruh nama-nama tempat tersebut di daftar ‘my favorite’, dimana kita bisa mengganti nama-nama tersebut dengan nama yang kita inginkan, dan list ‘my favorite’ tersebut akan muncul di sebelah kiri layar dengan nama-nama yang telah kita buat.

Jadi, bagaimana cara melakukan auto check-in? Cukup gampang caranya, tapi yang kita harus lakukan adalah membuat nama alias dulu untuk setiap tempat yang ingin dilakukan auto check-in seperti yang sudah saya buat dan bisa dilihat di gambar ‘my favorite’ di atas ini. Setelah itu, cukup ketik nama alias dari tempat yang kita buat dengan dikurung oleh tanda #, dan kemudian diikuti oleh pesan yang kita ingin posting. Jadi bisa dikatakan seperti paket komplit, check-in + posting tret baru. Contoh:

#Burgrill# mau makan apa ya kali ini?

Kedua, tentang direct message atau klo di plurk disebut private message, atau nama yg lebih tren adalah ‘japri’. Kalau di Plurk tinggal klik ‘private plurk, languages, options’, terus tinggal tulis username tujuan, pesan yang ingin dikirim, dan tekan tombol ‘Plurk’. Tapi kalau di koprol, cukup ketik to: diikuti dengan username (ingat tanpa spasi antara to: dengan usernamenya) dan terus pesan yang ingin disampaikan. Agak repot klo kita tidak hafal username-nya. Contoh:

to:dito ntar kumpul jam 19 ya

Ketiga, tentang entourage atau lagi-lagi klo di plurk adalah seperti kirim private message ke beberapa users atau clique. Yang pertama harus dilakukan pertama kali adalah buat clique atau grupnya terlebih dahulu dengan cara meng-click tombol ‘Friends’ yang ada di kiri atas.

Kemudian pada halaman yang muncul, klik ‘add new entourage’, dan akan muncul lah list friends kita. Ketik nama entourage yang diinginkan, dan checklist friends yang ingin dimasukkan ke dalam entourage itu, kemudian klik ‘save’. Btw, ngk kebayang klo sudah punya friends banyak banget, bakalan sepanjang apa ya halaman ini, he he he.

Nah, gimana cara mengirimkan message ke hanya salah satu entourage yang telah kita buat? Cukup ketik ent: diikuti oleh nama entourage (tanpa spasi) dan pesannya. Contoh:

ent:deBlogger jangan lupa ya acara Grand Launching akhir bulan ini

Terakhir, tentang Facebok connect. Setiap posting-an yang kita buat di koprol.com bisa langsung ter-publish ke Facebook Status. Pertama klik tombol ‘setting’ yang ada di kanan atas.

Kemudian click tombol ‘sharing’ dan akan muncul tombol ‘Facebook Connect’.

Klik tombol ‘Connect with Facebook’ dan akan muncul window baru dimana kita diharuskan untuk login account Facebook.

Setelah login, halaman koprol akan menampilkan Sharing Permission Koprol & Facebook.

Checklist kedua-nya apabila ingin selalu otomatis ter-publish di Facebook Status. Jangan khawatir, kalau misalkan ada posting-an yang tidak kita inginkan untuk ter-publish di Facebook, bisa menggunakan kode !fb diikuti oleh pesannya. Tetapi apabila tidak ingin secara otomatis ter-publish (hanya beberapa saja yang ingin di-publish ke Facebook), unchecklist saja semuanya, dan kita tetap bisa mem-publish postingan kita dengan kode fb: diikuti oleh pesannya.

Ada juga kode-kode yang bisa digabungkan langsung dalam satu postingan, yaitu publish to Facebok + auto check-in, dengan cara ketika fb: #nama alias tempat# diikuti oleh pesannya. Contoh:

fb: #Depok# pulang dulu ah

Sekian ulasan singkat (tapi kenapa jadi panjang ya?!) tentang kode-kode yang ada diKoprol, dan mungkin nanti setelah ada fitur-fitur baru bisa sedikit diulas lagi. Terima kasih untuk om @satya, @fajar, @vcool, @levady, dan Team DevKoprol lainnyaatas penjelasannya selama ini, maaf kalau sering merepotkan. Akhir kata, bagi yang belum mempunyai accountKoprol, jangan khawatir atau bingung mencari undangannya, karena sekarang ini sudah tidak diperlukan lagi undangan untuk melakukan registrasi, siapa pun sudah bisa langsung mendaftar di situs Koprol. Selamat mencoba…

Update

Pada awalnya kemunculannya,Koprol tidak menyediakan fitur mencari teman melalui media apa pun, kecuali undangan via email saja. Nah, beberapa waktu yang lalu (udah cukup lama juga kayaknya) ada fitur baru dariKoprol, yaitu mencari teman-teman kita yang sudah menjadi memberKoprol atau mengundangnya melalui daftar teman di Facebook atau address book di GMAIL dan YAHOO!. Jadi kita tidak perlu capek satu persatu memasukkan alamat emailnya. Bagaimana caranya? Klik tombol “Invite” di kanan atas. Kemudian akan muncul page baru yang berisi gambar logo “Facebook”, “GMAIL”, dan “YAHOO!”. Nah, pilih salah satu-nya dan ikuti panduannya saja.

  • wow, guidenya bagus bener … nice .. thanks oom 🙂

  • wih lengkappp

  • pantas dicoba
    sayang…, kotaku belum masuk

    • ada Mbak Mirma…
      terima kasih telah berkunjung…

  • nyobain ah..
    makasih mas buat pencerahannya ^^

  • he he he belom cobain lagi koprolan, tapi tulisan ini udah kukasih ketemen-temen plurk sewaktu mereka bertanya tentang koprolan

  • koprol belum ada icon kayak di plurk seperti icon kursi (idiot) (annoyed) (dance) jadi masih belum bisa beralih..walaupun di plurk belum bisa share image kalau dari plurk mobile ga seperti koprol yang udah bisa

  • asikkk dapet info lebih banyak tentang koprol, selama ini *asal pake* nga terlalu memperhatikan :))

  • saya jarang pakai kodenya pak. tapi kalau yang forward postingan dari Koprol ke facebook sudah bisa.

  • traz

    saya sudah coba yg autochekin, tp kok gagal yah..
    pdhal waktu update sudah sy beri tanda “#”
    misal nih: #hotroom# ngantuuk nih. Nah, yg terlihat kok cuma kota tmpat sy berada duank.

    mohon pencerahannya 😀