I’ve got Google Wave

Setelah penantian yang cukup panjang sejak Google Wave Invitation disebarkan tanggal 30 September 2009 lalu, akhirnya kemarin saya mendapatkan juga undangan untuk mencobaGoogle Wave. Terima kasih banyak @teddyjas…

Google Wave

Kesan pertama yang saya dapatkan, lambat banget ya bukanya, udah gitu bikin lappie rada-rada melambat. Tapi mungkin karena ini masih versi preview, belum versi finalnya, sehingga masih banyak kekurangan di sana-sini. Google Wave itu sendiri merupakan suatu aplikasi untuk melakukan kolaborasi dan berkomunikasi secara online dan real-time.

Google Wave is an online communication and collaboration tool that makes real-time interactions more seamless — in one place, you can communicate and collaborate using richly formatted text, photos, videos, maps, and more. (source: Google Wave Help)

Mungkin bisa dikatakan kalauGoogle Wave merupakan gabungan dari Google Docs, Talk, GMAIL, dan lain-lainnya dalam satu aplikasi. Perbedaan yang paling mendasar adalah kita dapat langsung mengetahui apa yang sedang diketikkan oleh orang lain secara real-time, tanpa harus di send/submit terlebih dahulu. Seperti halnyaGoogle Docs atau Yahoo! Messenger, di setiap “wave“-nya (istilah Google Wave untuk “tweet” di Twitter atau “stream” di Koprol) bisa dimasukkan gambar, video, peta, game, dan masih banyak lagi.

Hal lain yang unik adalah adanya fitur “playback”. Jadi apabila kita telat membaca suatu wave yang sudah banyak sekali pembahasannya, kita dapat menjalankan fitur playback yang akan menjalankan step by step percakapan sesuatu urutan waktunya.

A wave is a conversation with multiple participants — participants are people added to a wave to discuss and collaborate on its content. Participants can reply any time and anywhere within a wave, and they can edit content and add more participants as a wave develops. It’s also possible to rewind waves with the playback functionality, to see what happened, and when. (source:Google Wave Help)

Ada juga “ping” yang kurang lebih seperti chatting. Selain itu ada jugapublic timeline seperti twitter, sehingga kita bisa melihat wave seluruh penggunaGoogle Wave di dunia ini yang membuat public wave-nya.

Fitur "ping" di Google Wave

Bagaimana cara menampilkan public timeline? Cukup mengetikkan “with:public” (tanpa tanda “) di form pencarian di samping tombol “new wave“. Jadi bagi yang sudah dapat menggunakanGoogle Wave, tetapi belum mempunyai teman yang menggunakanGoogle Wave, tidak perlu khawatir karena dengan adanya public timeline itu kita bisa ikutan berkolaborasi dengan siapa saja dan mencoba fitur-fiturGoogle Wavedan banyak juga yang membahas cara menggunakannya (FAQ, How to, dll).

Public Timeline di Google Wave

Bagi yang belum mendapatkan undangan Google Wave, sepertinya harus menunggu terlebih dahulu karena saat ini para pengguna yang mendapatkan undangan tidak bisa lagi mengundang pengguna lainnya.

Recent invitees do not get to invite others. We will grow from sign-ups and the invite queue. Active users might get invite wave later … (sumber @twephanie)

So, satu-satunya cara yang masih ada adalah memintanya langsung via Google Wave Invitation Form dan akan terdaftar dalam daftar antrian yang sepertinya cukup panjang.

Google Wave is currently available in a limited preview release. If you’d like to sign up for updates about Google Wave’s availability, please fill outthis form. If you are a Google Apps administrator and you are interested in using it on your domain, express your interesthere. (source:Google Wave Help)

Hal lain yang mungkin perlu diketahui bahwaGoogle Wave saat ini tidak terintegrasi dengan GMAIL. Pengguna bakalan mendapatkan alamat email baru lagi yang berakhiran @googlewave.com. (Perlu diingat bahwa pengguna Google Wave hanya dapat berinteraksi dengan sesama pengguna Google Wave. Bukan pengguna Google Wave pun tidak dapat berinteraksi dengan pengguna Google Wave. Mungkin saja di kemudian hari baru akan bisa berinteraksi ke bukan pengguna Google Wave, dan begitupun sebaliknya). Mengenai hal ini sudah cukup banyak yang membahasnya, ada yang pro dan ada juga yang kontra. Ada yang mengatakan “without the ability to communicate with other (i.e. non Google Wave) users it cannot be used for everyday communication” dan “then it’s just ANOTHER IM client, rather than replacing anything.” Ada juga yang mengatakan “what happens in Google Wave stays in Google Wave” dan “user base will grow as Google Wave grows.

Google Wave does not currently interact with your email. We look forward to providing this functionality in the future. (source:Google Wave Help)

Salah satu penggunaGoogle Wave mengatakan sedang ada yang mengerjakannya (bisa dilihat disini). Tetapi ada juga yang memberitahukannya bisa menggunakan gadget diGoogle Wave, caranya buat new wave terlebih dahulu, setelah itu klik tombol “add gadget by URL” yang bentuknya seperti puzzle. Kemudian masukkan URL berikut ini:

http://hosting.gmodules.com/ig/gadgets/file/100080069921643878012/gmail.xml

Kalau menurut saya, mungkin tidak semua orang bakalan menggunakanGoogle Wave, mungkin bakalan lebih banyak digunakan untuk orang-orang yang memang memerlukan kolaborasi dalam pekerjaan/tugasnya. Contohnya saja mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas kelompok, mereka bisa langsung berdiskusi viaGoogle Wave.

  • ahem-ahem.. curang nih udah dapet duluan.. huhu

    • Dito

      he he he… bang lukmandisini juga udah dpt invitation dr pengguna lain… maaf bgt ya shandyisme, utk saat ini belum dikasih kepercayaan oleh google utk invite yang lainnya…

  • Pingback: Award Persahabatan | r ww()

  • wah ko udah punya duluan curang nih *idem ama @shandyisme*

  • kepingin banget nih ama google wave… kalo ada temen yg udah bisa kasih cendol… upss invitation maksudnya, rekomendasikan saiyah ya mas Dito…
    ehehehe… *ngarep.com*

  • saya sudah punya account google wave. menurut saya google wave juga bisa jadi forum diskusi atau mailing list. kalau kita menaruh account public di postingannya. maka kita bisa mensearch nya di google wave dengan mengetikan : ” with:public ” . kalau misalnya mau mencari topik tertentu, misalnya komputer, tinggal tulis: ” with:public komputer ” .

    • Dito

      yup yup yup… atau mungkin kah bisa menggantikan situs forum suatu saat nanti?

  • saya dah di invite ama @azkiaslam tp krn jaringan kantor lambat, ya gak dipakai hihi

    • Dito

      iya mas ridwan, salah satu alasan kenapa saya juga akhirnya jarang ngecek-ngecek Google Wave saya ya karena lambat itu… malahan kadang ngk kebuka sama sekali…

  • wah… ndak nyangka… punya jatah 8 invitation…
    ada yg berminat ??