Informasi Lokasi Commuter Line Real Time

Bagi pengguna Commuter Line (khususnya saya), sering kali tidak mengetahui lokasi persis kereta yang sedang ditunggu/kejar. Harus menunggu pengumuman dari petugas (atau aktif bertanya ke petugas) di stasiun.

Sejak bulan Februari 2013, PT KCJ meluncurkan aplikasi online untuk memantau keberadaan kereta. Saya kurang tahu apakah informasi keberadaan kereta ini real time, ataukah ada delay sekian detik. Karena beberapa kali menemukan posisi kereta tidak berubah-ubah selama beberapa menit, pas berubah sudah loncat beberapa stasiun.

Keanehan lainnya, ada kereta yang tidak muncul di daftar aplikasi tersebut, padahal lokasi keretanya sudah dekat. Informasi kereta tersebut baru muncul pas kereta tiba di stasiun. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Aplikasi online ini dapat diakses di alamat http://infoka.krl.co.id/to/[kode stasiun], dengan [kode stasiun] diganti dengan stasiun kereta diinginkan. Kode stasiun sama dengan kode-kode di jadwal kereta yang dirilis PT KCJ. Bagi yang tidak tahu, harus menghafal kode-kode tersebut, antara lain: St. Depok (DP), St. Depok Baru (DPB), St. Manggarai (MRI), dan St. Tanah Abang (THB).

Misal ingin cek St. Depok Baru, maka alamatnya jadi http://infoka.krl.co.id/to/dpb.

Sangat berharap informasi “real time” ini ditampilkan juga di stasiun-stasiun. Jadi penumpang yang tidak dapat mengakses Internet tetap dapat mengetahui posisi kereta yang sedang ditunggunya. Kan sudah ada TV di peron beberapa stasiun. Seharusnya bisa ditampilkan di TV tersebut, tidak hanya menampilkan iklan atau jadwal kereta saja.

What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Tinggalkan Balasan