Google Chrome Theme

Setelah iseng-iseng membuat persona for firefox, saya mencoba mencari tahu tentang Google Chrome Theme. Ini dikarenakan saya lebih sering menggunakan Google Chrome dibandingkan browser lainnya.

 

Seperti biasa, pencarian pun dimulai menggunakan mbah Google, dan muncul lah Theme Creation Guide di hasil pencariannya. Awalnya agak-agak pusing karena tidak semudah Personas for Firefox. Untuk Google Chrome Theme, ada beberapa script yang mesti dibuat. Gambarnya pun tidak hanya satu, tetapi lumayan banyak.

Ada beberapa tools yang dapat membantu membuat Google Chrome Theme ini, salah satunya memakai aplikasi Chrome crx Theme Creator. Tetapi kalau mau sambil belajar, bisa baca  panduan dari situsnya Paul Carbo yang berjudul Everything You Need to Easily Create a Chrome CRX Theme. Tidak hanya penjelasan dari atribut-atribut yang ada di script-nya saja, tetapi juga disediakan file photoshop untuk mempermudah mengenal masing-masing atribut tersebut.

Untuk mengunggah (upload) file-file yang sudah jadi, dilakukan melalui halaman Developer Google Chrome Extensions. Jadi nantinya theme yang sudah kita buat akan masuk di gallery Google Chrome Extensions, bukan di gallery theme yang biasa kita jumpai. Mungkin ini dilakukan untuk membedakan mana Theme yang resmi dari Google, dan mana yang bukan. Tapi entah lah.

Hal lain yang perlu dibuat juga adalah gambar icon berukuran 32 pixel x 32 pixel (berukuran lebih besar juga tidak apa-apa karena akan dikecilkan secara otomatis), dan screenshot-nya yang bisa dalam bentuk gambar atau pun video di youtube. Kalau semua data yang diperlukan sudah dimasukkan, bisa lihat preview-nya terlebih dahulu seperti apa halaman extension yang sudah kita buat, atau bisa langsung mem-publish-nya.

Perbedaan dengan Personas for Firefox adalah tidak adanya approval dari pihak Google, alias ketika di-publish, maka akan muncul di gallery-nya langsung, dan bisa dilihat/install oleh siapa pun.

Untuk mencoba beberapa theme yang sudah saya buat, bisa mengunjungi tautan-tautan di bawah ini:

Mohon maaf kalau belum bisa memberikan detail tahap demi tahap membuat theme ini dan mungkin hasil theme-nya juga tidak terlalu bagus, karena masih belajar-belajar dan ada beberapa hal yang belum mengerti.

Selamat mencoba dan berkreasi!

  • mantab mas dito….
    makasih ya themes-nya.
    .-= ridwan´s last blog ..Maling Unik =-.

  • Buatin ^0^

  • sattar

    Keren mas dito.. 🙂

  • gomik

    bikin lagi mas…… yg lebih keren..
    di tunggu!!!!