GMAIL Voice and Video Chat

Beberapa waktu yang lalu Google meluncurkan fitur baru untuk produk Google Mail-nya, atau yang lebih sering disebut dengan GMAIL. Fitur baru tersebut adalah GMAIL voice and video chat, yang sebelumnya hanya lah chat berupa text dan emoticon saja.

Dengan fitur baru ini, pengguna GMAIL bisa melakukan panggilan suara atau video ke sesama pengguna GMAIL. Kurang lebih seperti SKYPE, namun GMAIL voice and video chat belum bisa melakukan panggilan diluar pengguna GMAIL. Fitur baru ini juga hanya bisa digunakan melalui situs GMAIL saja, belum bisa dilakukan melalui Google Talk.

Untuk menggunakan fitur baru ini, pengguna GMAIL diharuskan untuk mendownload plug-in terlebih dahulu yang bisa di download di URL berikut ini:

http://mail.google.com/videochat

Setelah ter-download plug-in tersebut, matikan terlebih dahulu browser yang sedang aktif, dan baru lah install plug-in tersebut.

Indikator yang menandakan bahwa GMAIL voice and video chat sudah bisa digunakan adalah berubahnya icon status chat dari yang sebelumnya hanya berupa lingkaran kecil menjadi icon kamera. Apabila icon status chat teman kita masih berbentuk lingkaran kecil, berarti teman kita tersebut mungkin saja belum meng-install plug-in yang dibutuhkan untuk menjalankan fitur baru ini atau sedang menggunakan browser yang tidak dapat menjalankan fitur baru ini (versi browser minimal FF 2.0+, IE 6.0+, Safari 3.0+, atau Google Chrome).

Berikut ini ada video dari Google yang menunjukkan bagaimana GMAIL voice and video chat bekerja:

http://www.youtube.com/v/JFGJRfoK9xQ&hl=en&fs=1

Beberapa saat yang lalu juga saya sudah beberapa kali mencoba menggunakan fitur ini. Hasilnya lumayan bagus walaupun kembali lagi tergantung dengan kecepatan internet yang kita gunakan. Tetapi tidak tahu kenapa, sering kali terputus video chat-nya.