GMAIL New Version

Google Mail (GMAIL) saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat banyak, walaupun dari segi interface tidak terlalu banyak mengalami perubahan. Untuk mengetahui apakah halaman GMAIL kita sudah versi terbaru, cukup dilihat pada kanan atas apakah terdapat tulisan “Older Version” atau “Newer Version”. Apabila yang tertera adalah tulisan “Older Version” berarti halaman GMAIL kita sudah pada versi yang paling baru. Tetapi apabila tulisan yang tertera adalah “Newr Version” berarti kita masih menggunakan halaman versi yang lama.

Tulisan “Older Version” pada kanan atas halaman GMAIL versi terbaru

Tulisan “Newer Version” pada kanan atas halaman GMAIL versi lama

Sepertinya sih akan secara otomatis berpindah ke halaman yang baru. Karena gw sendiri tiba-tiba saja berubah ke versi yang terbaru. Sebenarnya rencana perubahan ini sudah pernah gw dengan beberapa waktu yang lalu. Dan ternyata menjadi kenyataan. Congratulations to GMAIL, although yang gw alami untuk masuk ke inbox pada saat login memerlukan waktu lebih lama daripada pada saat versi sebelumnya. Mungkin kecepatan internet juga berpengaruh. Tetapi yang pasti, tidak selambat login Yahoo! Mail versi terbaru yang sangat-sangat lama.

Perubahan yang paling mencolok adalah pada halaman kontak (Contacts).


Halaman Contacts pada GMAIL versi terbaru

Halaman Contacts pada GMAIL versi sebelumnya.

Selain perubahan yang sangat besar pada halaman Contacts, terjadi juga penambahan-penambahan fitur-fitur pada GMAIL. Seperti, Label yang selama ini hanya berupa tulisan, sekarang sudah bisa diberikan warna. Warna-warna tersebut sayang sekali tidak bisa bebas, melainkan GMAIL sudah meyediakan 24 macam warna.

Yang baru lagi dari GMAIL adalah pada fitur chattingnya yang terletak di sisi sebelah kanan. Secara interface tidak berubah, tetapi fiturnya yang ditambah. Sebelumnya hanya bisa chat per individual saja, tetapi sekarang bisa group chat + sudah ada sedikit gambar-gambar emoticons seperti halnya di Yahoo! Messenger walaupun masih sangat sedikit dan gambar-gambar emoticons tersebut hanya ada pada Google Talk di GMAIL, bukan pada Google Talk lainnya seperti yang kita install. Selain penambahan Group Chat dan Emoticons, Google Talk juga berkolaborasi dengan AIM Messenger. Sedangkan Yahoo Messenger seperti telah kita ketahui bersama juga berkolaborasi dari Instant Messenging lainnya….