Festival Jajanan Bango di Depok

Kota Depok pada hari Sabtu 18 Juni 2011 lalu dihampiri oleh Kecap Bango dengan mengelar kegiatan Festival Jajanan Bango. Kegiatan ini bertempat di Stadion Merpati Depok. Sempat terlintas beberapa pertanyaan mengenai pemilihan lokasi ini, antara lain kenapa memilih lokasi yang tidak memiliki tempat parkir memadai dan ruas jalan di sekitar lokasi sempit jadi bisa menimbulkan kemacetan.

Siang hari pas jam makan siang saya coba ke sana, dan ternyata memang kejadian beberapa ruas jalan menuju lokasi kegiatan lumayan macet, termasuk di ruas jalan sekitar kegiatan berlangsung. Awalnya ingin naik angkutan umum, tapi akhirnya memutuskan untuk membawa kendaraan terlebih dahulu, kalau pun benar-benar tidak ada parkir bakalan parkir di Pasar Baru. Ternyata benar, banyak kendaraan yang parkir di pinggir jalan dan sudah tentu menimbulkan kemacetan. Beberapa lapangan RT/RW di sekitar pun dimanfaatkan untuk parkir motor. Entah atas inisiatif warga sekitar, atau memang permintaan dari penyelenggara kegiatan.

Siang itu Stadion Merpati sudah rame sekali dan cukup panas. Hampir semua stand makanan penuh pembeli, bahkan ada yang antriannya tidak habis-habis, yaitu Bebek Salero dan Sate Kuda. Beberapa jam kemudian beberapa stand ada yang sudah kehabisan stok makanan, dan katanya sedang menunggu kiriman. Kenapa ya bisa sampai kejadian habis seperti itu? Apakah sebelumnya tidak diprediksi? Atau perjalanan menuju lokasi macet, sehingga terlambat sampai stok berikutnya? Tidak hanya makanan yang sempat habis, kupon makanan di beberapa counter voucher pun sempat habis, jadinya harus cek counter sebelahnya atau sebelahnya lagi untuk beli kupon.

Pilihan kuliner yang tersedia cukup banyak walaupun beberapa di antaranya adalah makanan yang memang sudah ada di Depok. Padahal niat datang ke festival ini untuk mencicipi makanan yang tidak ada di Depok. Mudah-mudahan saja di tahun-tahun berikutnya (kalo mampir ke Depok lagi), bisa lebih bervariasi lagi dan tidak ada makanan Depok, he he he.

Ada yang datang ke kegiatan ini? Mencicipi makanan apa saja?