Facebook-an melalui pos-el (email)?

Ini mungkin kabar yang menggembirakan bagi pengguna Facebook yang aksesnya diblokir oleh kantornya masing-masing. Kenapa? Karena Facebook baru saja meluncurkan fitur untuk membalas komentar melalui pos-el (email). Walaupun sebenarnya fitur ini masih sangat-sangat terbatas, yakni baru bisa untuk membalas melalui pos-elánotifikasi saja.

Today, we’re launching the ability for you to participate in these conversations by replying directly to these email notifications. When you receive an email notification about comments, you can just click “Reply” and start typing a comment at the top of the email. Then hit “Send” from your email and your reply will automatically be added as a comment on Facebook without you having to even log in. (source:áThe Facebook Blog)

Pos-elánotifikasi dari Facebook akan terkirim ke pos-elákita setiap kali ada yang berkomentar di status update, foto, dan wall kita. Di luar itu, seperti posting status update, sayangnya belum bisa dilakukan melalui pos-el. Bahkan membalas message pun belum bisa, alias tetap harus membuka halaman inbox di Facebook. Tetapi kalau posting foto, sudah bisa dilakukan. Caranya bisa liat facebook.com/mobile

Kemudian, bagaimana caranya untuk membalas komentar-komentar tersebut melalui pos-el? Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan pos-elánotifikasi tersebut di halamanáaccount setting Facebook. Beri tanda tik pada kolom email, sesuai dengan notifikasi yang ingin didapatkan.

Setelah itu, tinggal tunggu notifikasi komentar baru dari suatu status update, foto, atau wall dan kemudian klik reply untuk membalasnya. Dalam pos-elánotifikasi tersebut juga akan ada sedikit informasi mengenai fitur baru ini, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Dan begini lah kira-kira tampilannya setelah ter-posting. Entah kenapa ada sedikit perbedaan antara contoh screenshot dari The Facebook Blog (di bawah komentar kita tertulis “via email reply”) dengan hasil percobaan saya sendiri (tidak ada tulisan “via email reply”).

Facebook mungkin juga tidak ingin semua hal di Facebook bisa dilakukan hanya melalui pos-el, karena bisa saja apabila hal tersebut dimungkinkan, maka akan semakin jarang penggunanya yang berkunjung ke situsnya, atau dengan kata lain tidak ada yang melihat dan/atau mengklik iklan-iklan yang terpampang di situsnya. Tapi, kita lihat saja ke depannya bagaimana.

Adakah cara lain selain cara tersebut di atas? Mungkin bisa menggunakan Nutshell Mail yang dijelaskan di blognya Mas Ridwan.

  • asyik jg nih
    sayang, fesbukmya dah kalah ama loprol ­čÖé
    .-= ridwan┤s last blog ..Oleh-oleh Naik Gunung =-.

    • ha ha ha, iya, apalagi issue privacy di FB yang kurang mengenakan ­čÖü

  • Duh, keknya ribet amat… hahaa
    ga ada kata blokir buat admin dit (devil)
    sayangnya gw jarang pesbukan
    .-= andri┤s last blog ..GENi.com web based app untuk membuat akar trah =-.

    • tidak ribet sih Ndri sebenarnya, defaultnya kan ada notifikasi ke email setiap ada komentar baru, jadi tinggal reply saja email notifikasi itu (tidak berlaku untuk notifikasi message). langkah-langkah di atas hanya dilengkapi pengaturan bagi yang notifikasinya dimatikan.

  • oh tes fitur fb nya buat tulisan ini, ­čÖé