Confidence…

Apakah Anda merasa gugup apabila harus berbicara di depan banyak orang?
Atau kah Anda termasuk orang-orang yang sangat percaya diri sehingga tidak pernah merasa khawatir apabila harus menjadi pusat perhatian?

Ada orang-orang yang memang dilahirkan dengan kepercayaan diri yang sangat tinggi. Tetapi ada pula orang-orang yang tidak dilahirkan dengan kemampuan seperti itu. Banyak pula orang-orang yang berpikir bahwa untuk membangun kepercayaan diri tampil di depan publik adalah dengan membiasakan diri dengan hal tersebut. Padahal sebenarnya, tidak semua orang yang mengalami masalah dengan kepercayaan diri bisa berubah menjadi lebih percaya diri dengan cara tersebut. Walaupun sudah berkali-kali mencoba untuk berbicara di depan orang banyak, tetapi tetap saja tidak ada perubahan yang signifikan. Orang-orang tersebut mungkin saja sangat menguasai hal-hal yang akan dibicarakan, tetapi tetap saja perasaan gugup yang sangat berlebihan bahkan keringat dingin tetap mengucur dengan derasnya, yang akhirnya membuat orang-orang tersebut menjadi stress berat setiap kali harus melakukannya.

Banyak orang yang tidak mengerti atau memahami perasaan orang-orang tersebut. Mereka hanya selalu berkata untuk selalu mencoba tampil atau berbicara di depan umum. Padahal mungkin saja karena suatu kejadian di masa kecil membuat orang tersebut menjadi tidak percaya diri. Sehingga tidak gampang hanya dengan membiasakan diri bisa membuat orang tersebut menjadi percaya diri kembali. Orang-orang ini lebih memerlukan bantuan dan dukungan dari pihak-pihak yang lebih memahami permasalah ini, bukannya terus-terus dipaksakan untuk sering tampil di depan publik (bisa karena terbiasa)…

  • Iya tuh, sama, saya juga suka ndak percaya diri kalo bicara di depan publik banyak. Hikssss

  • kita senasib sepertinya, hik hik hik…
    kira-kira bagaimana ya penyelesaiannya?

  • Hmmm… aku kalo gugup kaki ku suka’ keder kalo berdiri di depan org banyak