Cara Pembatalan Tiket Kereta Api

Ada kalanya perjalanan yang sudah kita rencanakan harus dibatalkan karena suatu alasan. Biaya perjalanan yang sudah dikeluarkan bisa saja harus direlakan hangus, khususnya bila membeli dengan harga promo. Namun, apabila yang dibeli bukan merupakan harga promo, biasanya dapat di-refund, walaupun tidak 100%.


Dikenakan bea pembatalan sebesar 25% dari harga tiket diluar bea pesan – kereta-api.co.id

Lebaran lalu, saya sudah merencanakan untuk berangkat mudik menggunakan kereta api jarak jauh. Seperti biasa, saya berburu tiket sejak 90 hari sebelum tanggal keberangkatan dengan harapan mendapatkan harga promo, namun gagal 🙂

Karena satu dan lain hal, akhirnya saya tidak jadi menggunakan jasa kereta api untuk berangkat mudik. Saya langsung googling mencari tahu prosedur melakukan pembatalan tiket kereta api. Selain itu, saya juga coba menghubungi call center PT. KAI untuk memastikan apakah tiket yang saya beli dapat di-refund.

Pengajuan permohonan pembatalan tiket dapat dilakukan selambat-lambatnya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan yang tercantum di tiket. Pengajuan ini tidak dapat dilakukan di semua stasiun, melainkan hanya di loket stasiun yang ditunjuk oleh PT. KAI. Daftar loket stasiun tersebut dapat dilihat di sini.

Berhubung saya tinggal di Kota Depok, maka saya memilih Stasiun Jakarta Kota. Perlu diingat bahwa jam pelayanan loket Kereta Api Jarak Jauh Stasiun Jakarta Kota pukul 09.00-16.00 WIB.

Jam-Pelayanan-Loket-Kereta-Api-Jarak-Jauh-di-Stasiun-Kota

Sebelum mengajukan permohonan, jangan lupa untuk mencetak tiket kereta yang sudah dibeli. Pencetakan dapat dilakukan di Mesin Cetak Tiket Mandiri (CTM).

Setelah mencetak tiket, jangan langsung ke loket tiket, karena terlebih dahulu harus ke bagian layanan pelanggan atau customer service untuk proses verifikasi.

Refund-Tiket-01

Lokasi layanan pelanggan atau customer service PT. KAI Stasiun Jakarta Kota berada di dekat CTM.

Layanan-Pelanggan-Kereta-Api-di-Stasiun-Kota

Siapkan kartu identitas asli dan fotocopy, serta tiket kereta asli. Tunjukkan dan serahkan berkas-berkas tersebut ke customer service. Apabila ingin diurus pihak lain, jangan lupa membawa surat kuasa beserta kedua kartu identitas asli dan fotocopy.

Dalam hal pemohon pembatalan tiket bukan pemilik tiket yang bersangkutan maka wajib melampirkan surat kuasa bermaterai dari pemilik tiket kepada yang dikuasakan untuk melakukan pembatalan tiket dengan tetap menunjukan bukti identitas asli pemilik tiket dan menyerahkan fotokopi bukti identitas asli pemilik tiket – kereta-api.co.id

Setelah proses verifikasi selesai, customer service akan memberikan Formulir Pembatalan Tiket. Ada dua pilihan cara pengembalian bea tiket: transfer dan tunai. Apabila memilih transfer, maka pengembalian bea tiket akan ditransfer ke rekening yang kita tulis di formulir. Apabila memilih tunai, maka pengembalian bea tiket dapat diambil di loket.

Formulir-Pembatalan-Tiket-Kereta-Api-Verified

Setelah formulir selesai diisi, barulah ke loket untuk melakukan proses refund. Saat tulisan ini dibuat, loket untuk mengurus refund di Stasiun Jakarta Kota berada di loket nomor 3.

Loket-Tiket-Box-Kereta-Api-di-Stasiun-Kota

Petugas loket akan mengkonfirmasi ulang data-data yang tertulis di formulir apakah sudah benar. Setelah OK, maka akan diberikan tanda terima.

Bukti-Pembatalan-Tiket-Kereta-Api-Jarak-Jauh

Proses refund akan memakan waktu sekitar 30 hari 🙂

Pengembalian bea tiket yang dibatalkan dilakukan setelah hari ke-30 melalui transfer atau diambil tunai di stasiun yang ditunjuk – kereta-api.co.id