Bahasa Indonesia

Setelah dipikir-pikir, sepertinya banyak sekali bahasa yang kita pakai saat ini tidak sesuai dengan Bahasa Indonesia yang benar. Padahal saya kira, beberapa kata-kata yang saya pikir itu adalah Bahasa Indonesia sesuai EYD, tapi ternyata tidak.

Beberapa situs-situs di Indonesia juga sudah banyak yang menggunakan Bahasa Indonesia, tidak campur aduk lagi. Seperti penggunaan kata “Beranda” juga sudah banyak dijumpai dan tidak lagi menggunakan kata “Home”.

Kemarin juga sempat baca berita di DetikCom tentang “Kosakata Bahasa Indonesia Bertambah 13.000”. Jadi banyak kosakata baru yang merupakan serapan dari bahasa asing, melayu, dan daerah. Contohnya “Download” menjadi “Unduh”, “Gadget” menjadi “Acang”, “Email” menjadi “pos-el”, dan “Homepage” menjadi “Laman”.

Untuk kosakata lainnya, mudah-mudahan saja bisa dilihat dalam waktu dekat di situs Kamus Besar Bahasa Indonesia. Yup, betul sekali, di situs Kamus Besar Bahasa Indonesia. Mungkin banyak yang tidak tahu kalau Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI ada versi online-nya. Penasaran? Langsung saja coba buka URL berikut ini:

http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/index.php

Oiya, di halaman situs KBBI tersebut ada kata “Daring”. Apa hayo artinya? hehehe…
Kata “Daring” adalah “Dalam Jaringan”, atau kalau dalam bahasa Inggris adalah “Online”.