Are You Smarter than a 5th Grader?

Mungkin ada yang sudah pernah melihat iklan dari acara quiz yang akan segera tayang di Global TV ini. Tetapi mungkin juga lebih banyak yang masih belum mengetahui secara pasti seperti apakah acara quiz ini.

Are You Smarter than a 5th Grader? atau Apakah Anda merasa lebih pintar dari Anak Kelas 5 SD? adalah acara quiz yang awalnya ditayangkan di US pada tahun 2007, dan kemudian diadopsi di berbagai negara karena kesuksesannya. Seperti halnya acara quiz Who wants to be a millionaire?, Are You Smarter than a 5th Grader memperebutkan hadiah yang luar biasa besarnya. Untuk versi USnya, hadiah bonusnya adalah sebesar 1.000.000 US$. Tidak tahu kenapa, saya sangat tertarik dengan quiz ini, sampai-sampai saya mengirimkan email ke MNC Group untuk memberikan saran bagaimana kalau quiz ini diadopsi untuk ditayangkan versi Indonesia-nya. Dan ternyata pada waktu itu saya mendapatkan balasan dari dua orang yang menyatakan bahwa saran saya tersebut sudah diteruskan ke bagian programming dan dijadikan masukan. Tidak diduga-duga, weekend ini acara tersebut akan tayang di Global TV.

Acara quiz ini, sesuai dengan judulnya, menantang para pesertanya dengan berbagai pertanyaan-pertanyaan yang sebenarnya itu adalah pertanyaan-pertanyaan untuk anak-anak kelas 1 sampai dengan 5 SD. Peserta tidak tampil sendirian dalam menjawab semua pertanyaan itu, tetapi sudah ada 5 anak kelas 5 SD yang siap membantu. Di US sendiri, pada season ke-2nya, anak-anak kelas 5 ini dijaring dari seluruh anak-anak yang ada di US dengan sistem audisi, agak-agak mirip dengan American Idol dan semacamnya.

Dalam Quiz ini, ada 10 pertanyaan yang terdiri dari pertanyaan-pertanyaan beberapa mata pelajaran yang dipelajari oleh anak-anak kelas 1 sampai dengan 5 SD, dan 1 pertanyaan bonus yang merupakan pertanyaan puncak. Saya sendiri belum tahu seberapa besar jumlah uang yang akan didapatkan pada versi Indonesia-nya yang akan segera tayang perdana pada hari Sabtu besok tanggal 4 April 2009, kalo tidak salah pukul 19:00-20:00 WIB di Global TV. Untuk versi US-nya sendiri, tahapan hadiahnya adalah 1.000, 2.000, 5.000, 10.000, 25.000, 50.000, 100.000, 175.000, 300.000, 500.000, dan pertanyaan bonus (atau puncak) sebesar 1.000.000 US$. Titik aman pertama adalah setelah berhasil dengan benar menjawab 5 pertanyaan.

Selain peserta, ada 5 anak kelas 5 SD yang siap membantu peserta dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan dihadapinya. Jadi anak-anak kelas 5 ini secara bergantian membantu peserta, dimana peserta diberikan kebebasan memilih siapa yang ingin dijadikan partnernya. Tetapi perlu diingat, masing-masing anak hanya boleh menjadi partner si peserta maksimal untuk 2 pertanyaan.

Quiz ini memberikan 2 opsi bantuan dan 1 opsi untuk diselamatkan. Opsi bantuan pertama adalah mencontek (peek), dimana peserta diperbolehkan mencontek anak kelas 5 yang sudah dipilih menjadi partnernya. Dan kemudian setelah mencontek jawabannya, si peserta diberikan kebebasan untuk mejawab sesuai dengan hasil contekan tersebut, atau jawabannya sendiri.

Opsi ke 2 adalah menyalin (copy), dimana jawaban peserta adalah jawaban partnernya. Dan yang terakhir adalah opsi diselamatkan (save), dimana apabila jawaban peserta salah, maka opsi ini akan dipakai secara otomatis (klo ngk salah sih begitu) dengan melihat jawaban dari partnernya apakah benar atau tidak. Kalau misalkan benar, berarti peserta masih boleh lanjut ke pertanyaan berikutnya, tetapi kalau salah ya gagal di quiz ini.

Apabila peserta merasa tidak bisa menjawab, peserta diperbolehkan untuk menyerah dan membawa uang sesuai dengan yang telah didapatkannya. Tetapi dengan satu syarat, yaitu harus membuat pernyataan: “Saya tidak lebih pintar dari anak kelas 5”. Disinilah keunikan dari acara quiz ini. Peserta ditantang daya ingatnya tentang mata pelajaran yang pernah dipelajarinya di waktu masih di SD. Dan perlu diingat bahwa Global TV merupakan stasiun televisi nasional yang berarti pernyataan yang dibuat oleh peserta akan ditonton oleh pemirsa dari seluruh nusantara.

Saya sendiri jadi penasaran, pertanyaan-pertanyaan apa yang bakalan ditanya dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, he he he. Karena di versi USnya saja banyak yang rada-rada kesulitan di mata pelajaran Bahasa Inggris.

Untuk pembawa acaranya, Tantowi Yahya lah yang akan membawakannya. Jadi, apakah acara quiz ini akan sukses di Indonesia? Kita tunggu saja…

Apabila ada yang berminat untuk mendaftar menjadi peserta, bisa melihat informasinya disini.

  • Udah lihat quiznya. Tapi masalahnya pelajaran kelas lima sekarang dah beda jauh sama pelajaran kelas lima jaman gw to….

  • Ria

    iya…jaman dulu aja SD kelas 5 blom diajarin bahasa inggriss dan komputer, jaman sekarang mereka dah belajar….

  • judy

    gue pengen bgt ikut… sayangnya masih umur 18 tahun!!! kenapa ya umur minimalnya gak 18 tahun aja… soalnya di season 2 acara ini di amrik, ada tuh peserta baru lulus SMA umur 18 tahun yg ikutan…

  • dengan sangat amat saya mohon sekali, di kirimin you tube dari acara ARE YOU SMARTER THAN A 5TH GRADER yang tayang di globaltv tgl 8 Agustus 2009 dong…. penasaran banget nih………. terutama pas yang main Indra Naga personilnya Lyla, yah …….. tolong dong please……….. thank buanyak sebelumnya.